kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Simak 7 Manfaat Kailan Untuk Kesehatan, Banyak Khasiatnya Loh!


Selasa, 09 April 2024 / 18:30 WIB
Simak 7 Manfaat Kailan Untuk Kesehatan, Banyak Khasiatnya Loh!
ILUSTRASI. Manfaat kailan untuk kesehatan tubuh.

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Kailan  - Banyak manfaat kailan untuk kesehatan tubuh bisa didapatkan jika diolah dan dikonsumsi dengan benar. Tak heran manfaat kailan cukup menarik perhatian untuk diketahui.

Kailan, atau dikenal juga sebagai kale, merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang kaya akan nutrisi dan memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Dengan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi, kailan menjadi pilihan yang baik untuk dimasukkan dalam pola makan sehari-hari.

Baca Juga: Simak 6 Tips Mudik Lebaran 2024 yang Pemudik Wajib Ketahui

Merangkum dari WebMD, berikut manfaat kailan untuk kesehatan:

Kandungan Nutrisi Tinggi

Kailan mengandung berbagai nutrisi penting, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat, dan mangan. Vitamin A penting untuk kesehatan mata, vitamin C berperan sebagai antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sedangkan vitamin K mendukung pembekuan darah dan kesehatan tulang.

Antioksidan untuk Melawan Radikal Bebas

Kailan mengandung senyawa antioksidan, seperti beta-karoten, quercetin, dan kaempferol, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada berbagai penyakit, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Cermai Untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Sudah Tahu?

Mendukung Kesehatan Jantung

Kailan dapat membantu menjaga kesehatan jantung melalui beberapa cara. Kandungan vitamin K dalam kailan membantu mengatur penggumpalan darah, sementara serat dalam sayuran ini membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga tekanan darah normal.

Menyokong Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dalam kailan merupakan nutrisi kunci yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Keberadaan antioksidan dalam sayuran ini juga membantu melindungi sel-sel tubuh dari infeksi dan penyakit.

Baca Juga: Kaya Vitamin C, Ini 8 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan

Mendukung Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam kailan berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A diperlukan untuk pembentukan pigmen pada mata yang mendukung penglihatan dalam kondisi cahaya rendah.

Manfaat Diet dan Penurunan Berat Badan

Kailan merupakan pilihan yang baik untuk mereka yang ingin menjaga berat badan atau menurunkannya. Sayuran ini rendah kalori dan tinggi serat, sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama dan mendukung manajemen berat badan.

Baca Juga: Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan, Ada 8 Hal Menarik

Menjaga Kesehatan Tulang

Vitamin K dalam kailan memiliki peran penting dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang. Konsumsi cukup vitamin K dapat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×