kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,97   7,57   0.84%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Kaya Vitamin C, Ini 8 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan


Senin, 08 April 2024 / 19:00 WIB
Kaya Vitamin C, Ini 8 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan
ILUSTRASI. Kedondong

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat buah kedondong untuk kesehatan yang tidak terduga dan jarang diketahui. Padahal, manfaat buah kedondong bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin dan diolah dengan benar.

Buah kedondong, atau yang juga dikenal dengan nama "spondias dulcis," merupakan buah yang berasal dari keluarga Anacardiaceae. 

Buah ini umumnya ditemukan di daerah tropis, seperti Asia Tenggara. Kedondong memiliki rasa yang segar dan asam, serta memiliki berbagai manfaat kesehatan yang dapat memberikan kontribusi positif bagi tubuh.

Baca Juga: Daftar Manfaat Jus Semangka Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Merangkum dari WebMD, berikut beberapa manfaat buah kedondong untuk kesehatan:

Kaya Akan Vitamin C

Kedondong merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin C berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi, dan menjaga kesehatan kulit. Konsumsi buah kedondong secara teratur dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tetap optimal.

Antioksidan Tinggi

Buah kedondong mengandung antioksidan, seperti quercetin, anthocyanins, dan beta-karoten. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada penuaan dini serta berbagai penyakit kronis.

Baca Juga: Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan, Ada 8 Hal Menarik

Menyokong Kesehatan Mata

Kedondong mengandung lutein dan zeaxanthin, dua jenis karotenoid yang penting untuk kesehatan mata. Zat-zat ini dapat membantu melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radiasi sinar UV dan membantu mencegah gangguan mata seperti degenerasi makula.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat dalam buah kedondong dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, buah ini juga mengandung kalium, yang dapat membantu menjaga tekanan darah normal dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Mengandung Vitamin A

Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan kulit, mempertahankan fungsi penglihatan, dan mendukung pertumbuhan sel-sel tubuh. Kedondong memberikan kontribusi pada asupan vitamin A ini dalam diet sehari-hari.

Baca Juga: Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan, Banyak Hal Tidak Terduga

Membantu Pencernaan

Serat yang terkandung dalam buah kedondong dapat membantu memperbaiki fungsi pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, yang dapat membantu dalam manajemen berat badan.

Mengandung Zat Besi

Kedondong mengandung zat besi, yang esensial untuk pembentukan sel darah merah dan transportasi oksigen dalam tubuh. Konsumsi buah kedondong dapat membantu mencegah anemia akibat kekurangan zat besi.

Baca Juga: Menarik! Ini 8 Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan Tubuh

Mengurangi Risiko Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah kedondong dapat membantu mengelola kadar gula darah, sehingga dapat bermanfaat dalam mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×