kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

8 Manfaat Buah Cermai Untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Sudah Tahu?


Senin, 08 April 2024 / 19:10 WIB
8 Manfaat Buah Cermai Untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Sudah Tahu?
ILUSTRASI. Buah Cermai

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah cermai untuk kesehatag tubuh adalah salah satu hal luar biasa yang penting diketahui. Tak hanya itu, manfaat buah cermai bisa didapatkan jika diolah dan dikonsumsi dengan benar.

Buah cermai, yang juga dikenal dengan nama Averrhoa bilimbi, merupakan buah yang tumbuh di berbagai daerah tropis, termasuk di Indonesia. 

Bentuknya yang panjang dan ramping dengan rasa yang asam segar menjadikannya populer dalam berbagai hidangan tradisional. Selain memberikan cita rasa yang unik, buah cermai juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Baca Juga: Daftar Manfaat Jus Semangka Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Merangkum dari Specialty Produce, berikut beberapa manfaat buah cermai untuk kesehatan:

Kaya akan Vitamin C

Buah cermai merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Vitamin C memiliki peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif, dan membantu dalam penyembuhan luka. Konsumsi buah cermai secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Antioksidan Tinggi

Buah cermai mengandung antioksidan seperti polifenol dan flavonoid, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada berbagai penyakit, sehingga asupan antioksidan dari buah cermai dapat membantu melindungi tubuh dari efek negatifnya.

Baca Juga: Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan, Ada 8 Hal Menarik

Menyokong Kesehatan Jantung

Kandungan serat, kalium, dan antioksidan dalam buah cermai dapat mendukung kesehatan jantung. Serat membantu mengelola kolesterol dan tekanan darah, sedangkan kalium membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan tekanan darah normal.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah cermai dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Kandungan senyawa bioaktif dalam buah ini dapat mempengaruhi metabolisme gula dalam tubuh, bermanfaat terutama bagi penderita diabetes.

Baca Juga: Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan, Banyak Hal Tidak Terduga

Mendukung Pencernaan

Buah cermai mengandung serat makanan, yang dapat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, meningkatkan pergerakan usus, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan.

Antiinflamasi Alami

Senyawa antiinflamasi dalam buah cermai dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit inflamasi seperti arthritis.

Menyediakan Nutrisi Penting

Selain vitamin C, buah cermai juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin B, zat besi, kalsium, dan fosfor. Semua nutrisi ini diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan mendukung fungsi berbagai sistem organ.

Baca Juga: Menarik! Ini 8 Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan Tubuh

Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah cermai dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin C diperlukan untuk produksi kolagen, protein yang penting untuk elastisitas kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×