kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,74   11,96   1.33%
  • EMAS1.325.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Catat 8 Manfaat Daun Mengkudu Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Sabtu, 30 Maret 2024 / 12:00 WIB
Catat 8 Manfaat Daun Mengkudu Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Daun mengkudu

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat daun mengkudu untuk kesehatan tubuh nampaknya masih jarang diketahui banyak orang. Padahal, terdapat beragam manfaat daun mengkudu bisa didapatkan jika diolah dengan benar.

Daun mengkudu, atau yang dikenal dengan nama ilmiah Morinda citrifolia, telah lama dikenal sebagai tanaman yang kaya manfaat bagi kesehatan. 

Daun mengkudu ini berasal dari wilayah Pasifik Selatan, tetapi sekarang tersebar luas di berbagai daerah tropis. Salah satu bagian tanaman yang paling sering dimanfaatkan adalah daunnya.

Baca Juga: Manfaat Air Lemon Untuk Kesehatan, Cocok Diminum Saat Buka Puasa

Melansir dari WebMD, daun mengkudu mengandung vitamin C, vitamin A, dan banyak bahan kimia lainnya yang mungkin membantu memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh dan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, berikut berbagai manfaat daun mengkudu untuk kesehatan tubuh:

Antioksidan Tinggi

Daun mengkudu mengandung senyawa-senyawa antioksidan seperti quercetin, ascorbic acid, dan beta-carotene. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada berbagai penyakit.

Baca Juga: Apa Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan? Catat 7 Hal Ini

Mengandung Zat Anti-Inflamasi

Kandungan zat anti-inflamasi dalam daun mengkudu dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit peradangan, seperti arthritis.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daun mengkudu mengandung sejumlah besar nutrisi, termasuk vitamin C, yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan yang kuat membantu melawan infeksi dan penyakit.

Menurunkan Tekanan Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun mengkudu dapat membantu menurunkan tekanan darah. Senyawa-senyawa tertentu dalam tanaman ini dapat mempengaruhi pembuluh darah dan membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran normal.

Baca Juga: Segar Untuk Buka Puasa, Ini 8 Manfaat Jus Apel untuk Kesehatan Tubuh

Mendukung Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan dan zat anti-inflamasi dalam daun mengkudu dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung. Ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi peradangan dan risiko penyakit kardiovaskular.

Menyokong Kesehatan Pencernaan

Daun mengkudu juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Beberapa orang menggunakan ekstrak daun mengkudu sebagai obat tradisional untuk masalah pencernaan.

Mengatur Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi daun mengkudu dapat membantu mengatur kadar gula darah. Ini dapat bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang berisiko tinggi mengembangkan penyakit ini.

Baca Juga: Sering Ada di Kue Lebaran, Ini 6 Manfaat Kismis Untuk Kesehatan

Potensi Antikanker

Meskipun masih perlu penelitian lebih lanjut, beberapa studi awal menunjukkan bahwa ekstrak daun mengkudu dapat memiliki potensi antikanker. Senyawa-senyawa aktif dalam daun ini diketahui memiliki efek anti-kanker pada beberapa jenis sel kanker.

Selanjutnya: Kendaraan Listrik Luxeed S7 Produksi Huawei dan Chery Mulai Dikirim Secara Massal

Menarik Dibaca: Belanja Pakaian Baru Jelang Lebaran? Tiru 7 Cara Menghentikan Kebiasaan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×