kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Kenali 8 Manfaat Daun Pepaya yang Jarang Diketahui


Sabtu, 02 Maret 2024 / 20:15 WIB
Kenali 8 Manfaat Daun Pepaya yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Daun pepaya

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat daun pepaya bagi kesehatan nampaknya tidak sepopuler buahnya. Padahal, daun pepaya juga menyimpan segudang manfaat yang baik dan tak kalah mumpuni.

Daun pepaya (Carica papaya) adalah salah satu bagian dari tanaman pepaya yang sering diabaikan oleh banyak orang. Padahal, daun pepaya memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Di berbagai budaya, daun pepaya telah digunakan secara tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Merangkum dari Healthline berikut beberapa manfaat daun pepaya:

Baca Juga: 10 Penyebab Asam Lambung Naik yang Perlu Diketahui, Bisa Dari Makanan

Menyokong Sistem Kekebalan Tubuh

Daun pepaya mengandung berbagai senyawa bioaktif, termasuk vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, serta beta-karoten dan selenium. Semua komponen ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, menjadikan tubuh lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit.

Menyehatkan Saluran Pencernaan

Enzim papain yang terdapat dalam daun pepaya memiliki kemampuan untuk memecah protein dalam makanan, sehingga dapat membantu pencernaan. Selain itu, serat dalam daun pepaya juga membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan diare.

Baca Juga: Banyak Khasitanya, Simak Manfaat Oyong Bagi Kesehatan Tubuh

Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan antioksidan dalam daun pepaya, seperti karotenoid, likopen, dan vitamin C, dapat membantu melawan kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Ini dapat mengurangi risiko terjadinya kanker, terutama kanker payudara, kanker prostat, dan kanker kolorektal.

Menurunkan Tekanan Darah

Daun pepaya juga mengandung senyawa fitokimia seperti flavonoid dan karpain yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Mengonsumsi ekstrak daun pepaya secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Baik Dikonsumsi Saat Puasa, Ini 8 Manfaat Kurma yang Menarik Diketahui

Membantu Menurunkan Berat Badan

Daun pepaya memiliki sifat diuretik alami yang dapat membantu mengurangi retensi air dalam tubuh. Selain itu, serat dalam daun pepaya juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga membantu mengontrol nafsu makan dan membantu dalam program penurunan berat badan.

Mendukung Kesehatan Mata

Vitamin A dan beta-karoten dalam daun pepaya sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Mereka dapat membantu mencegah masalah mata seperti degenerasi makula dan katarak.

Mengatasi Masalah Kulit

Daun pepaya dapat digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kulit. Ekstrak daun pepaya dapat membantu mengurangi bintik hitam, jerawat, dan masalah kulit lainnya. Ini karena papain dalam daun pepaya memiliki sifat eksfoliatif yang dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati.

Baca Juga: Menjelang Ramadhan, Simak 10 Cara Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Puasa

Meredakan Gejala Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun pepaya dapat membantu meredakan gejala diabetes, termasuk mengurangi kadar gula darah. Ini mungkin karena efek positif daun pepaya terhadap pencernaan dan penyerapan glukosa.

Penting untuk diingat bahwa sebelum mengonsumsi atau menggunakan daun pepaya sebagai obat atau suplemen, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan profesional kesehatan terlebih dahulu. Meskipun daun pepaya memiliki banyak manfaat, ada juga potensi efek samping dan interaksi dengan obat-obatan tertentu.

Selanjutnya: vivo V30 Dijual Perdana Hari Ini, Siap Abadikan Momen Ramadan yang Penuh Kebaikan

Menarik Dibaca: 6 Film Dewasa Panas Ini Bisa Ditonton Bareng Pasangan Saat Akhir Pekan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×