kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Sering Ada di Kue Lebaran, Ini 6 Manfaat Kismis Untuk Kesehatan


Kamis, 28 Maret 2024 / 17:35 WIB
Sering Ada di Kue Lebaran, Ini 6 Manfaat Kismis Untuk Kesehatan
ILUSTRASI. Kismis

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat kismis untuk kesehatan tubuh cukup menarik perhatian karena khasiatnya yang telah teruji. Tidak hanya itu, kismis juga kerap ditemukan di kue-kue saat lebaran.

Kismis adalah buah kering yang berasal dari anggur hitam atau hijau, dan memiliki cita rasa manis yang khas. 

Selain menjadi camilan yang lezat, kismis juga mengandung sejumlah nutrisi penting yang dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh.

Baca Juga: Manfaat Biji Semangka Untuk Kesehatan, Ada 9 Hal Tidak Terduga

Melansir dari WebMD, Serat dalam kismis bisa membantu menurunkan kolesterol LDL (jahat), yang mengurangi ketegangan pada jantung Anda. Studi menunjukkan bahwa kadar kalium yang rendah berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

Selain itu, berikut beberapa manfaat kismis untuk kesehatan lainnya:

Kaya akan Antioksidan

Kismis mengandung antioksidan, seperti polifenol dan flavonoid, yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan memainkan peran dalam penuaan serta perkembangan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Mengonsumsi kismis secara teratur dapat membantu menjaga keseimbangan antioksidan dalam tubuh.

Baca Juga: Cocok Jadi Takjil, Ini 9 Manfaat Jus Pisang Untuk Kesehatan

Menjaga Kesehatan Jantung

Kismis dapat mendukung kesehatan jantung karena mengandung serat, kalium, dan polifenol. Serat membantu mengontrol kadar kolesterol, sedangkan kalium berperan dalam menjaga tekanan darah normal. Polifenol dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kismis mengandung serat larut dan tidak larut yang dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus dengan memberikan dukungan pada pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Menyediakan Energi Cepat

Kismis mengandung sejumlah besar karbohidrat yang dapat memberikan energi cepat. Ini membuatnya menjadi camilan yang baik sebelum atau sesudah berolahraga. Kismis juga mengandung gula alami, seperti glukosa dan fruktosa, yang dapat memberikan energi tanpa meningkatkan kadar gula darah secara drastis.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Buncis Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kismis mengandung nutrisi seperti kalsium, magnesium, dan fosfor yang penting untuk kesehatan tulang. Kalsium mendukung pembentukan dan pemeliharaan tulang, magnesium membantu penyerapan kalsium, dan fosfor berperan dalam pembentukan struktur tulang dan gigi.

Menjaga Kesehatan Mata

Kismis mengandung nutrisi seperti beta-karoten, vitamin A, dan karotenoid, yang dapat mendukung kesehatan mata. Nutrisi ini membantu menjaga kekuatan penglihatan, mencegah degenerasi makula, dan mengurangi risiko penyakit mata terkait usia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×