kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Cocok Jadi Takjil, Ini 9 Manfaat Jus Pisang Untuk Kesehatan


Rabu, 27 Maret 2024 / 13:30 WIB
Cocok Jadi Takjil, Ini 9 Manfaat Jus Pisang Untuk Kesehatan
ILUSTRASI. jus pisang

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Jus Pisang Untuk Kesehatan - Manfaat jus pisang untuk kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang menarik perhatian diketahui. Tidak hanya itu, manfaat jus pisang juga telah teruji khasiatnya secara klinis.

Pisang adalah salah satu buah yang sering kita temui di pasar-pasar tradisional hingga supermarket modern. 

Buah yang lezat ini bukan hanya enak untuk dimakan begitu saja, tetapi juga bisa diolah menjadi jus. Jus pisang adalah minuman yang kaya nutrisi dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Baca Juga: 6 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Dengan Benar

Melansir dari Healthline, jus pisang kaya akan nutrisi penting dan bermanfaat bagi penurunan berat badan, pencernaan, dan kesehatan jantung.

Selain itu, berikut beberapa manfaat jus pisang untuk kesehatan di antaranya:

Sumber Energi Alami

Pisang dikenal sebagai salah satu sumber energi alami yang baik. Jus pisang mengandung karbohidrat yang mudah dicerna, terutama dalam bentuk gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Ini membuat jus pisang menjadi minuman yang baik untuk meningkatkan energi dan mengatasi kelelahan.

Baca Juga: Manfaat Kecombrang Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik

Kaya Serat

Pisang juga kaya serat, dan serat adalah salah satu komponen penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Jus pisang mengandung serat yang membantu memperbaiki masalah pencernaan seperti sembelit dan diare. Serat juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat karena memberikan rasa kenyang lebih lama.

Kaya Nutrisi

Jus pisang mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin B6, kalium, magnesium, dan folat. Vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh, sementara vitamin B6 berperan dalam metabolisme karbohidrat dan protein. Kalium dan magnesium penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah

Kalium dalam jus pisang memiliki efek positif pada tekanan darah. Mengonsumsi jus pisang secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan, Ada 8 Hal Penting Diketahui

Mengandung Antioksidan

Pisang mengandung senyawa antioksidan seperti dopamin dan katekin. Antioksidan ini membantu melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat berkontribusi pada penuaan dini dan risiko penyakit kronis.

Menyehatkan Kulit

Vitamin C dalam jus pisang memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Vitamin C membantu dalam produksi kolagen, yang merupakan protein struktural utama dalam kulit. Kolagen yang cukup membantu menjaga kulit tetap sehat, lembut, dan bercahaya.

Menyehatkan Pencernaan

Serat dalam jus pisang juga baik untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu menjaga keseimbangan mikrobiota usus yang sehat, yang dapat mengurangi risiko masalah pencernaan seperti sindrom iritasi usus (IBS).

Baca Juga: Berapa Kadar Normal Asam Urat? Ini Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi Secara Alami

Meningkatkan Mood

Pisang mengandung triptofan, sejenis asam amino yang diperlukan tubuh untuk memproduksi serotonin, neurotransmitter yang dapat meningkatkan mood dan mengurangi stres.

Mendukung Pertumbuhan Anak-anak

Jus pisang adalah pilihan minuman yang bagus untuk anak-anak karena rasanya manis dan mengandung nutrisi penting untuk pertumbuhan mereka. Kalium dan vitamin B6 dalam jus pisang mendukung perkembangan otak dan sistem saraf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



Terpopuler
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×