kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Catat 8 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan, Cocok Dikonsumsi Saat Buka Puasa


Senin, 18 Maret 2024 / 10:22 WIB
Catat 8 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan, Cocok Dikonsumsi Saat Buka Puasa
ILUSTRASI. Manfaat buah naga untuk kesehatan.

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat buah naga untuk kesehatan bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin. Tidak hanya itu, buah naga juga cocok dijadikan takjil dan dikonsumsi saat buka puasa.

Buah naga, juga dikenal sebagai pitaya, adalah buah yang berasal dari kaktus yang tumbuh di daerah-daerah tropis dan subtropis. Buah ini memiliki kulit yang berdaging dan daging yang lembut, serta tersedia dalam berbagai varietas, termasuk yang berwarna merah, putih, dan kuning. 

Selain memiliki tampilan yang menarik, buah naga juga memiliki rasa yang khas dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman.

Baca Juga: Manfaat Lemon Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Luar Biasa

Lantas apa saja manfaat buah naga untuk kesehatan?

Melansir sari PharmEasy, buah naga berdaging merah mengandung likopen, antioksidan kuat yang dikenal karena sifat pelindung jantung dan berpotensi mengurangi risiko kanker tertentu.

Selain itu, berikut beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh:

Kaya Akan Antioksidan

Buah naga mengandung berbagai jenis antioksidan, termasuk vitamin C, beta-karoten, dan polifenol. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kanker dan penuaan dini.

Baca Juga: Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Penting Diketahui

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang terkandung dalam buah naga berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi buah naga secara teratur, Anda dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Buah naga rendah lemak dan bebas kolesterol. Selain itu, kandungan serat tinggi dalam buah naga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung, termasuk penyumbatan arteri dan tekanan darah tinggi.

Mendukung Pencernaan

Serat yang tinggi dalam buah naga juga bermanfaat bagi sistem pencernaan. Serat membantu menjaga kesehatan usus, mencegah sembelit, dan mendukung pencernaan yang lancar. Ini membuat buah naga menjadi pilihan makanan yang baik untuk mereka yang memiliki masalah pencernaan.

Baca Juga: Waspada 9 Penyebab Trigliserida Tinggi yang Luput Dari Perhatian

Menurunkan Risiko Diabetes

Buah naga memiliki indeks glikemik yang rendah, yang berarti ia tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah yang tajam setelah dikonsumsi. Ini menjadikannya pilihan makanan yang baik bagi penderita diabetes atau mereka yang berisiko tinggi mengembangkan penyakit ini.

Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C dalam buah naga berperan dalam produksi kolagen, yang diperlukan untuk kesehatan kulit. Kolagen membantu menjaga kulit tetap kencang dan mengurangi keriput. Selain itu, antioksidan dalam buah naga juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kandungan mineral dalam buah naga, seperti kalsium dan fosfor, membantu menjaga kesehatan tulang. Kalsium adalah komponen penting dalam pembentukan tulang, sedangkan fosfor berperan dalam menjaga kepadatan tulang.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Kulit Mangga Untuk Kesehatan

Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah naga rendah kalori dan mengandung serat, yang dapat membantu mengendalikan nafsu makan. Ini menjadikannya camilan yang sehat dan dapat membantu dalam program penurunan berat badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×