kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

6 Manfaat Putih Telur Untuk Kesehatan, Teruji Khasiatnya Secara Klinis


Senin, 18 Maret 2024 / 14:01 WIB
6 Manfaat Putih Telur Untuk Kesehatan, Teruji Khasiatnya Secara Klinis
ILUSTRASI. Putih telur

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Putih Telur  - Banyak manfaat putih telur untuk kesehatan tubuh bisa didapatkan jika rutin dikonsumsi. Tidak hanya itu, manfaat dan khasiat putih telur juga teruji khasiatnya oleh berbagai uji klinis.

Selain itu, putih telur juga kerap dikonsumsi saat diet menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan putih telur mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Lantas apa saja manfaat putih telur untuk kesehatan?

Baca Juga: Manfaat Lemon Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Luar Biasa

Melansir dari WebMD, mengkonsumsi putih telur adalah cara terbaik untuk menambahkan protein ke dalam makanan Anda tanpa menambah kalori. Protein dalam putih telur membantu tubuh Anda membangun otot yang kuat dan mempertahankan massa otot seiring bertambahnya usia.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat putih telur untuk kesehatan tubuh:

Sumber Protein Berkualitas Tinggi

Putih telur merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang rendah lemak dan bebas kolesterol. Protein adalah nutrisi penting yang berperan dalam pembentukan jaringan otot, pemeliharaan berat badan yang sehat, dan berbagai fungsi tubuh lainnya. 

Dalam satu butir telur, sekitar 3,6 gram protein dapat ditemukan di dalam putih telur, yang menjadikannya pilihan yang baik untuk mereka yang berusaha untuk meningkatkan asupan protein tanpa tambahan lemak yang signifikan.

Baca Juga: Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Penting Diketahui

Membantu Memelihara Kesehatan Kulit

Putih telur juga mengandung kolagen, sebuah protein yang penting untuk kesehatan kulit. Kolagen membantu memelihara elastisitas kulit, sehingga mengurangi risiko kerutan dan penuaan dini. Anda bahkan dapat menggunakan masker wajah dengan campuran putih telur dan beberapa bahan alami lainnya untuk meningkatkan kelembaban dan elastisitas kulit.

Mendukung Pertumbuhan Rambut

Protein dalam putih telur juga berperan dalam pertumbuhan rambut yang sehat. Rambut terutama terdiri dari protein keratin, dan asupan protein yang cukup dapat membantu menjaga rambut Anda kuat dan berkilau. Anda dapat mencoba masker rambut dengan putih telur untuk memberikan nutrisi ekstra pada rambut Anda.

Baca Juga: Waspada 9 Penyebab Trigliserida Tinggi yang Luput Dari Perhatian

Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Meskipun putih telur mengandung kolesterol, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi putih telur tidak berdampak negatif pada kesehatan jantung. Sebaliknya, putih telur dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular karena mengandung protein berkualitas tinggi yang dapat membantu mengatur tekanan darah dan kadar kolesterol. Namun, selalu penting untuk mengonsumsi putih telur dengan bijak dan sebagai bagian dari pola makan seimbang.

Menyediakan Nutrisi Penting

Selain protein, putih telur juga mengandung berbagai nutrisi penting lainnya, termasuk vitamin B12, riboflavin (vitamin B2), dan selenium. Nutrisi ini mendukung berbagai fungsi tubuh, termasuk pembentukan sel darah merah, metabolisme energi, dan perlindungan sel dari kerusakan oksidatif.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Kulit Mangga Untuk Kesehatan

Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan protein tinggi dalam putih telur dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk makan camilan tidak sehat. Dengan memasukkan putih telur dalam makanan Anda, Anda dapat menjaga asupan kalori tetap terkendali, yang dapat membantu dalam usaha menurunkan berat badan.

Meskipun putih telur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, tetap penting untuk mengonsumsinya dengan bijak dan sebagai bagian dari pola makan yang seimbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×