kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

8 Cara Mengatasi Maag Saat Puasa yang Patut Dicoba, Ampuh!


Senin, 18 Maret 2024 / 04:50 WIB
8 Cara Mengatasi Maag Saat Puasa yang Patut Dicoba, Ampuh!
ILUSTRASI. Cara Mengatasi Maag Saat Puasa

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak cara mengatasi maag saat puasa yang bisa dijadikan alternatif. Tidak hanya itu, cara mengatasi maag juga relatif mudah dilakukan dan tidak kalah ampuh.

Bagi sebagian orang, terutama bagi yang memiliki masalah lambung seperti maag, puasa bisa menjadi tantangan tersendiri. Maag adalah kondisi yang sering kali membuat rasa tidak nyaman, mulai dari perut kembung, nyeri, sampai mual. 

Untuk mengatasi maag saat puasa, perlu adanya perhatian khusus terhadap pola makan dan gaya hidup.

Baca Juga: Manfaat Lemon Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Luar Biasa

Lantas bagaimana cara mengatasi maag saat puasa?

Melansir dari MediceneNet, Pengobatan rumahan dan obat-obatan alami dapat membantu meringankan rasa sakit dan gejala lain yang berhubungan dengan maag.

Selain itu, berikut beberapa cara mengatasi maag saat puasa di antaranya:

Sajikan Makanan Sehat

Saat berbuka puasa, pilihlah makanan yang ringan dan mudah dicerna oleh lambung. Hindari makanan pedas, berlemak, dan berminyak karena dapat memicu gejala maag. Konsumsilah makanan yang mengandung serat tinggi, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Baca Juga: 7 Obat Herbal Kolesterol Tinggi Ampuh dan Cara Membuatnya di Rumah

Hindari Konsumsi Asam dan Berkafein

Minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman bersoda serta makanan yang mengandung banyak asam seperti jeruk dan tomat dapat memperburuk gejala maag. Sebaiknya hindari konsumsi makanan dan minuman tersebut selama bulan puasa untuk mengurangi risiko terjadinya iritasi pada lambung.

Porsi Kecil dan Sering

Saat sahur dan berbuka puasa, bagi porsi makanan menjadi lebih kecil dan makanlah dalam frekuensi yang lebih sering. Ini dapat membantu meringankan beban lambung dalam mencerna makanan. Mengonsumsi makanan dalam porsi kecil juga dapat membantu menghindari terjadinya penumpukan makanan dalam lambung, yang bisa memicu gejala maag.

Baca Juga: Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Penting Diketahui

Perhatikan Waktu Konsumsi Obat

Jika Anda mengonsumsi obat untuk mengatasi maag, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk menentukan waktu yang tepat untuk mengonsumsi obat tersebut selama bulan puasa. Beberapa obat mungkin lebih baik diminum sebelum atau setelah makan untuk mencegah iritasi lambung.

Hindari Begadang dan Stres

Stres dan kurang tidur dapat memperburuk gejala maag. Usahakan untuk tidur yang cukup dan hindari stres selama bulan puasa. Lakukan aktivitas relaksasi seperti meditasi atau olahraga ringan untuk menjaga keseimbangan emosi dan fisik.

Minum Air Secukupnya

Pastikan untuk tetap terhidrasi selama puasa dengan minum air secukupnya saat sahur dan berbuka puasa. Hindari minuman yang terlalu manis atau bersoda karena dapat meningkatkan risiko refluks asam lambung.

Baca Juga: Waspada 9 Penyebab Trigliserida Tinggi yang Luput Dari Perhatian

Kunyah Makanan dengan Benar

Kunyah makanan secara perlahan dan teliti agar makanan dapat dicerna dengan baik oleh lambung. Hindari makan terburu-buru atau makan dalam posisi yang terlalu miring karena hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya refluks asam lambung.

Konsultasikan dengan Ahli Gizi atau Dokter

Jika Anda memiliki masalah lambung seperti maag yang sering kambuh saat puasa, penting untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Mereka dapat memberikan panduan yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh Anda.

Dengan mengikuti tips di atas, diharapkan Anda dapat menjalani ibadah puasa dengan nyaman meskipun memiliki masalah lambung seperti maag. Selalu perhatikan pola makan dan gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan lambung dan tubuh secara keseluruhan selama bulan puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×