kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

5 Gejala Kolesterol Tinggi yang Penting Diketahui Setelah Makan Sembarangan


Sabtu, 13 April 2024 / 17:00 WIB
5 Gejala Kolesterol Tinggi yang Penting Diketahui Setelah Makan Sembarangan
ILUSTRASI. kolesterol tinggi

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak gejala kolesterol tinggi penting diketahui setelah makan sembarangan. Pasalnya, asupan makan menjadi salah satu faktor penting terhadap kadar kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi adalah gangguan kesehatan yang tak boleh diabaikan. Pasalnya, kolesterol tinggi sangat berisiko memicu munculnya berbagai penyakit lain. Seperti serangan jantung, stroke dan lain-lain.

Pada dasarnya kolesterol adalah salah satu senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, harus dalam jumlah yang normal. Umumnya, kadar kolesterol normal sendiri berkisar di angka 200-239 mg/dl.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Leci Bagi Kesehatan, Baik Untuk Pencernaan

Jika kadar kolesterol jauh di atas angka tersebut dapat dikatakan kadar kolesterol Anda tinggi dan harus lebih waspada, atau sebaiknya segera melakukan pengecekan ke dokter atau tenaga medis terdekat.

Melansir dari Healthy Ojas, berikut beberapa gejala kolesterol tinggi, di antaranya:

Nafsu Makan Menurun

Salah satu gejala kolesterol tinggi yang tak banyak disadari orang adalah nafsu makan yang semakin menurun. Oleh karena itu, Anda harus lebih berwaspada jika nafsu makan Anda menurun apalagi dalam jangka waktu yang relatif lama. Jika mengalami hal tersebut segeralah untuk pergi ke dokter.

Baca Juga: Apa Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan? Ada 10 Hal Menarik

Benjolan di Sekitar Mata

Selain nafsu makan yang turun, munculnya benjolan di sekitar mata juga patut diwaspadai. Pasalnya, hal tersebut juga bisa menjadi salah satu gejala Anda mempunyai kolesterol tinggi. Biasanya benjolan tersebut berwarna kuning dan muncul di bawah permukaan kulit. 

Sering Mengantuk

Gejala kolesterol tinggi selanjutnya adalah sering merasa ngantuk bahkan hampir setiap saat. Hal tersebut dikarenakan kolesterol tinggi dapat menghambat aliran darah sehingga akibatnya aliran oksigen dalam tubuh tidak berjalan normal. Hal tersebutlah yang menyebabkan Anda akan merasa ngantuk.

Baca Juga: Cek, 7 Manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Dengan Benar

Depresi

Perlu Anda ketahui depresi juga bisa menjadi salah satu gejala kolesterol tinggi. Dilansar dari Healthy Ojas jika kadar kolesterol jahat dalam otak terlalu tinggi akan menyebabkan kemampuan otak untuk mengatur emosi menjadi terganggu.

Sehingga saat mengalami kolesterol tinggi Anda akan melangami depresi. Bahkan, lebih parahnya jika segera ditangani akan meningkatkan risiko penyakit alzheimer.

Berat Badan Bertambah

Gejala kolesterol tinggi lainnya yaitu berat badan semakin bertambah. Salah satu gejala kolesterol ini termasuk yang paling banyak dialami dan cukup mudah untuk diketahui. Oleh sebab itu jika berat badan Anda naik drastis dalam rentang waktu yang singkat, sebaiknya Anda harus menjadi asupan makanan yang dikonsumsi dan lebih rajin berolahraga.

Selanjutnya: Ingin Manfaat THR Dirasakan Lebih Lama? Ini Saran dari bahan TCW

Menarik Dibaca: 7 Rekomendasi Film Horor Religi Islam Seram, Terbaru Ada Siksa Kubur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×