kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Kenali 8 Manfaat Leci Bagi Kesehatan, Baik Untuk Pencernaan


Jumat, 12 April 2024 / 16:45 WIB
Kenali 8 Manfaat Leci Bagi Kesehatan, Baik Untuk Pencernaan
ILUSTRASI. Leci

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat leci untuk kesehatan bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin dan diolah dengan benar. Tak heran, manfaat leci cukup menarik perhatian untuk diketahui.

Leci, atau juga dikenal sebagai longan, adalah buah tropis yang tumbuh di sebagian besar wilayah Asia, termasuk Indonesia. 

Buah ini memiliki rasa manis dan menyegarkan, dan tidak hanya enak untuk dinikmati, tetapi juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Cek, 7 Manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Dengan Benar

Melansir dari Healthline, Leci mengacu pada buah tropis yang sama yang menawarkan vitamin, mineral, dan antioksidan yang menyehatkan.

Selain itu, berikut manfaat leci bagi kesehatan tubuh lainnya:

Sumber Vitamin C yang Baik

Leci merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin C dikenal sebagai antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi terhadap penuaan serta perkembangan penyakit. Mengonsumsi leci secara teratur dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan kulit.

Baca Juga: Cek, 6 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan yang Penting Diketahui

Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah leci mengandung zat-zat seperti zeaxanthin dan beta-karoten yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Zat ini dapat melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV dan membantu mencegah penyakit mata terkait usia.

Mengandung Zat Besi

Leci juga mengandung zat besi, yang sangat penting untuk pembentukan sel darah merah dan transportasi oksigen dalam tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, dan konsumsi leci dapat membantu mencegah kondisi ini.

Menyediakan Energi

Leci mengandung karbohidrat dan gula alami yang dapat memberikan energi cepat. Ini membuat leci menjadi camilan yang baik, terutama untuk mereka yang membutuhkan dorongan energi tambahan selama aktivitas fisik atau setelah beraktivitas.

Baca Juga: Catat Resep Kue Nastar Nanas Enak dan Lumer Cocok Untuk Lebaran

Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Serat dalam leci membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Serat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, mencegah sembelit, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Menyediakan Nutrisi Penting

Leci mengandung sejumlah nutrisi penting seperti potassium, magnesium, fosfor, dan vitamin B kompleks. Nutrisi-nutrisi ini penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit, kesehatan tulang, dan fungsi sistem saraf.

Mengandung Antioksidan

Buah leci mengandung antioksidan seperti polifenol, flavonoid, dan tanin. Antioksidan ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat stres oksidatif, yang dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit kronis.

Baca Juga: 6 Manfaat Daun Sirih Cina Untuk Kesehatan, Baik Untuk Pencernaan

Membantu Mengelola Stres

Kandungan magnesium dalam leci dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur. Magnesium memiliki peran penting dalam regulasi neurotransmitter yang berhubungan dengan suasana hati dan tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×