kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

6 Obat Gula Darah Tinggi Alami yang Aman Dikonsumsi, Sudah Coba?


Senin, 04 Maret 2024 / 12:16 WIB
6 Obat Gula Darah Tinggi Alami yang Aman Dikonsumsi, Sudah Coba?
ILUSTRASI. Kunyit adalah salah satu obat gula darah tinggi alami.

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai cara alternatif untuk mengatasi gula darah tinggi salah satunya dengan mengkonsumsi obat alami. Banyak pilihan obat gula darah tinggi alami yang aman dikonsumsi.

Melansir dari Healthline, tindakan seperti berolahraga secara teratur dan mengonsumsi lebih banyak serat dan probiotik antara lain dapat membantu menurunkan kadar gula darah tinggi.

Gula darah tinggi atau diabetes adalah masalah kesehatan yang semakin umum di seluruh dunia. 

Baca Juga: Ini Manfaat Jus Wortel Bagi Kesehatan, Tak Hanya Baik Untuk Mata

Terlepas dari perawatan medis yang mungkin diperlukan, ada berbagai cara alami yang dapat membantu mengendalikan gula darah tinggi. 

Berikut beberapa pilihan obat gula darah tinggi alami di antaranya:

Daun Kelor (Moringa)

Daun kelor adalah salah satu sumber nutrisi alami yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa ekstrak daun kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan mengendalikan diabetes. Anda dapat mengonsumsi daun kelor dalam bentuk teh atau sebagai tambahan dalam makanan Anda.

Baca Juga: Kenali Gejala, Penyebab dan Obat Mabuk Perjalanan di Kendaraan

Kunyit

Kunyit mengandung senyawa bernama kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Kurkumin telah diteliti karena kemampuannya mengurangi resistensi insulin dan meningkatkan kontrol gula darah. Anda dapat menambahkan kunyit dalam masakan Anda atau mengonsumsinya dalam bentuk suplemen.

Cinnamon (Kayu Manis)

Kayu manis adalah rempah yang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan gula darah setelah makan. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi 1-2 gram kayu manis per hari dapat membantu mengendalikan gula darah.

Baca Juga: Banyak Khasitanya, Simak Manfaat Oyong Bagi Kesehatan Tubuh

Bit

Bit adalah sayuran yang kaya serat, vitamin, dan mineral. Konsumsi bit dapat membantu mengatur gula darah dengan memperlambat penyerapan gula dalam darah. Anda dapat mengonsumsinya mentah dalam bentuk salad atau diolah menjadi jus.

Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang telah diteliti karena efek positifnya pada kontrol gula darah. Meskipun belum ada konsensus ilmiah tentang dosis yang optimal, menambahkan bawang putih ke dalam makanan Anda dapat memberikan manfaat.

Baca Juga: Baik Dikonsumsi Saat Puasa, Ini 8 Manfaat Kurma yang Menarik Diketahui

Blueberry

Blueberry mengandung senyawa bernama antosianin yang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengontrol gula darah. Anda dapat mengonsumsinya sebagai camilan sehat atau menambahkannya ke dalam smoothie Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×