kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Banyak Khasitanya, Simak Manfaat Oyong Bagi Kesehatan Tubuh


Jumat, 01 Maret 2024 / 16:43 WIB
Banyak Khasitanya, Simak Manfaat Oyong Bagi Kesehatan Tubuh
ILUSTRASI. Oyong

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Oyong  - Manfaat oyong bagi kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang menarik dan masih jarang diketahui. Tidak hanya itu, cara mengolah dan mengkonsumsi oyon juga perlu diperhatikan.

Selain itu, oyong juga termasuk salah satu sayuran yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak dikonsumsi.

Melansir dari Care Hospitals, oyong adalah sumber sebagian besar Vitamin, yaitu C, K dan Seng, Kalsium, dan nutrisi penting lainnya. Ia mengontrol gula darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan melindungi dari parasit, selain menjadi sumber sifat anti-inflamasi, anti-jamur, dan anti-parasit yang luar biasa.

Baca Juga: Apa Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan? Simak 7 Hal Ini

Berikut adalah beberapa manfaat oyong bagi kesehatan tubuh:

Sumber Nutrisi

Oyong mengandung sejumlah nutrisi penting seperti serat, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, riboflavin, thiamin, niacin, kalsium, magnesium, fosfor, dan zat besi.

Meningkatkan Sistem Pencernaan

Kandungan seratnya membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga dapat membantu menjaga kesehatan usus dengan mempromosikan pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan.

Baca Juga: 8 Cara Memperbanyak ASI yang Penting Diketahui, Apa Saja?

Menjaga Kesehatan Jantung

Konsumsi oyong dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena kandungan seratnya yang tinggi. Ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori membuat oyong menjadi pilihan makanan yang baik bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Serat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

Baca Juga: Manfaat Daun Kemangi, Ada 9 Hal yang Menarik Diketahui

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Oyong mengandung vitamin C dan zat antioksidan lainnya yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan merangsang produksi kolagen, yang penting untuk kesehatan kulit. Ini dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan bersinar.

Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium, magnesium, dan fosfor dalam oyong dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah risiko osteoporosis.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam oyong dapat membantu menjaga kesehatan mata, termasuk mencegah masalah penglihatan seperti degenerasi makula dan katarak.

Baca Juga: Bisa Bantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Kenali 7 Buah Ini

Menjaga Kesehatan Jaringan dan Sel

Vitamin C dalam oyong berperan penting dalam memperbaiki jaringan dan sel tubuh yang rusak, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan mengonsumsi oyong secara teratur sebagai bagian dari pola makan seimbang, Anda dapat memperoleh berbagai manfaat kesehatan yang berharga bagi tubuh. Namun, seperti halnya dengan makanan lainnya, penting untuk mengonsumsinya dengan variasi dan dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan individu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

×