kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Baik Dikonsumsi Saat Puasa, Ini 8 Manfaat Kurma yang Menarik Diketahui


Jumat, 01 Maret 2024 / 16:43 WIB
Baik Dikonsumsi Saat Puasa, Ini 8 Manfaat Kurma yang Menarik Diketahui
ILUSTRASI. Kurma

Penulis: Ryan Suherlan

8 Manfaat Kurma  - Banyak manfaat kurma bagi kesehatan tubuh yang menarik diketahui. Selain itu, kurma juga merupakan buah yang identik dengan bulan puasa.

Selain itu, buah kurma juga termasuk salah satu buah yang memiliki rasa yang enak untuk dikonsumsi. Tak hanya itu, kurma juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Melansir dari PharmEasy, kurma pada dasarnya adalah buah tropis yang ditanam di pohon kurma. Secara ilmiah dikenal sebagai Phoenix Dactylifera dan merupakan salah satu buah tersehat di dunia. Kurma dikategorikan sebagai buah kering dan telah menjadi bagian penting dari warisan Asia Barat.

Baca Juga: Apa Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan? Simak 7 Hal Ini

Berikut adalah beberapa manfaat utama dari mengonsumsi kurma:

Sumber Energi yang Baik

Kurma kaya akan karbohidrat, terutama gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Ini membuatnya menjadi sumber energi yang baik dan cepat untuk tubuh.

Kaya akan Serat

Kurma mengandung serat larut dan tidak larut. Serat membantu menjaga pencernaan yang sehat dengan mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus.

Baca Juga: Manfaat Daun Kemangi, Ada 9 Hal yang Menarik Diketahui

Kaya akan Antioksidan

Kurma mengandung berbagai jenis antioksidan, termasuk flavonoid, karotenoid, dan fenolik. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan penyakit.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kurma rendah sodium dan kaya akan kalium, mineral yang membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran normal. Ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga: Bisa Bantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Kenali 7 Buah Ini

Menjaga Kesehatan Tulang

Kurma mengandung sejumlah mineral penting seperti magnesium, tembaga, dan mangan yang penting untuk kesehatan tulang yang baik. Konsumsi rutin kurma dapat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga kekuatan tulang.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin dan mineral dalam kurma, seperti vitamin C dan selenium, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi dan penyakit.

Menjaga Kesehatan Mata

Kurma mengandung lutein dan zeaxanthin, dua senyawa yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula terkait usia.

Baca Juga: 8 Cara Memperbanyak ASI yang Penting Diketahui, Apa Saja?

Mengatur Kadar Glukosa Darah

Meskipun kurma manis, mereka memiliki indeks glikemik yang rendah. Ini berarti mereka tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang tajam, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dalam jumlah terbatas.

Meskipun kurma memiliki manfaat kesehatan yang signifikan, penting untuk mengonsumsinya dengan porsi yang seimbang dan memperhatikan asupan kalori, terutama bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan tertentu seperti diabetes atau obesitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×