kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,33   11,54   1.30%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

7 Manfaat Air Es Untuk Kesehatan, Cocok Diminum Saat Buka Puasa


Selasa, 12 Maret 2024 / 11:23 WIB
7 Manfaat Air Es Untuk Kesehatan, Cocok Diminum Saat Buka Puasa
ILUSTRASI. Minum Air Es

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat air es untuk kesehatan tubuh cukup menarik untuk diketahui. Selain itu, air es cocok dikonsumsi atau diminum saat buka puasa karena dapst menyegarkan tubuh.

Air adalah unsur penting dalam kehidupan manusia. Kita semua tahu bahwa konsumsi air yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, ada satu varian air yang mungkin belum banyak orang sadari manfaatnya, yaitu air es. 

Air es adalah air yang telah dibekukan menjadi bentuk es, dan seringkali dianggap sebagai minuman segar dan menyegarkan, terutama pada hari-hari panas. Namun, air es memiliki manfaat kesehatan yang tak terduga.

Baca Juga: Kulit Petai Punya Manfaat Bagi Kesehatan? Ada 6 Hal Tidak Terduga

Melansir dari Healthshot, Air es dianggap sangat efektif untuk detoksifikasi tubuh dengan membuang racun dan mencegah penumpukannya, yang dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda. Namun, untuk merasakan manfaat detoks ini, penting untuk menjaga hidrasi yang tepat.

Selain itu, berikut beberapa manfaat air es untuk kesehatan tubuh:

Menghidrasi Tubuh dengan Cepat

Air es adalah cara yang cepat dan menyenangkan untuk menghidrasi tubuh, terutama saat cuaca panas. Gigitan pertama ke dalam es akan memberikan sensasi segar dan dapat mendorong kita untuk mengonsumsi lebih banyak air dalam sehari. Hal ini sangat berguna untuk mencegah dehidrasi, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Baca Juga: Rekomendasi 8 Makanan Sehat Untuk Buka Puasa, Mau Coba?

Meredakan Kepala Pusing

Salah satu manfaat yang paling terasa saat mengonsumsi air es adalah kemampuannya untuk meredakan sakit kepala atau migren. Suhu dingin air es dapat membantu mengurangi peradangan pembuluh darah di sekitar kepala, yang sering menjadi penyebab utama sakit kepala. Ini juga dapat memberikan sensasi rileks yang membantu mengurangi ketegangan.

Meningkatkan Energi

Air es dapat memberikan dorongan energi instan. Ketika tubuh merasa lelah atau mengantuk, mengonsumsi air es dapat memberikan sensasi segar dan meningkatkan tingkat kejelasan mental. Hal ini dapat membantu dalam situasi di mana kita memerlukan fokus dan energi tambahan.

Baca Juga: Catat 10 Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui

Mengurangi Panas Tubuh

Pada hari-hari panas, minuman dingin seperti air es dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Ini dapat mencegah overheating dan heat stroke. Sehingga air es juga merupakan pilihan yang baik untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil saat cuaca panas.

Mengurangi Nyeri Setelah Olahraga

Air es juga dapat membantu dalam meredakan nyeri otot setelah berolahraga. Pemakaian dingin air es pada area yang terasa nyeri dapat mengurangi peradangan dan ketegangan otot.

Meningkatkan Pencernaan

Minum air es setelah makan dapat membantu dalam proses pencernaan. Air dingin dapat membantu merangsang kontraksi otot pencernaan, yang memungkinkan makanan dicerna lebih efisien.

Baca Juga: Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan, Ada 10 Hal Menarik

Menyegarkan Pikiran

Air es dapat membantu menyegarkan pikiran dan meningkatkan suasana hati. Sensasi dingin dari air es dapat memberikan perasaan kesegaran dan kewaspadaan, yang membantu mengatasi stres atau kelelahan mental.

Namun, penting untuk diingat bahwa minum air es dalam jumlah berlebihan dapat memiliki efek samping, seperti menyebabkan gigi sensitif atau kram perut. Oleh karena itu, sebaiknya dikonsumsi dengan bijak.

Dalam kesimpulan, air es tidak hanya menyegarkan, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan yang nyata. Manfaat-manfaat ini mencakup hidrasi cepat, meredakan sakit kepala, meningkatkan energi, mengurangi panas tubuh, meredakan nyeri otot, meningkatkan pencernaan, dan meningkatkan kewaspadaan mental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×