kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Catat 10 Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui


Senin, 11 Maret 2024 / 16:04 WIB
Catat 10 Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui
ILUSTRASI. Ubi ungu

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat ubi ungu untuk kesehatan tubuh yang menarik diketahui. Tidak hanya itu, cara mengolah dan mengkonsumsi juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat ubi ungu tersebut.

Ubi ungu, atau sering disebut dengan sweet potato, adalah jenis makanan yang kaya akan nutrisi dan memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. 

Selain rasanya yang lezat, ubi ungu juga dikenal sebagai salah satu sumber nutrisi yang sangat baik.

Baca Juga: Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan, Ada 10 Hal Menarik

Merangkum dari PharmEasy, berikut beberapa manfaat ubi ungu untuk kesehatan tubuh:

Kaya akan Antioksidan

Ubi ungu mengandung antioksidan seperti beta-karoten, vitamin C, dan vitamin E. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan penuaan dini dan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: Apa Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan? Catat 8 Hal Ini

Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan beta-karoten dalam ubi ungu sangat baik untuk kesehatan mata. Beta-karoten adalah prekursor vitamin A, yang esensial untuk penglihatan yang baik. Mengonsumsi ubi ungu secara teratur dapat membantu mencegah masalah mata seperti rabun jauh dan katarak.

Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dalam ubi ungu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini membantu tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit. Sebuah sistem kekebalan yang kuat memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Menurunkan Tekanan Darah

Ubi ungu mengandung kalium, yang dikenal dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kalium membantu tubuh untuk mengatur tekanan darah dan meminimalkan risiko penyakit kardiovaskular seperti hipertensi.

Baca Juga: Manfaat Buah Kesemek Untuk Kesehatan, Ada 8 Hal Menarik

Mendukung Kesehatan Jantung

Serat yang tinggi dalam ubi ungu baik untuk kesehatan jantung. Serat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan potasium dalam ubi ungu membantu menjaga detak jantung yang sehat.

Menjaga Berat Badan yang Sehat

Ubi ungu mengandung serat dan nutrisi yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Ini dapat membantu mengontrol nafsu makan, sehingga Anda cenderung makan dalam porsi yang lebih sehat dan menghindari penambahan berat badan yang berlebihan.

Mendukung Fungsi Otak

Kandungan vitamin A dan C dalam ubi ungu dapat mendukung fungsi otak yang sehat. Vitamin A penting untuk kognisi dan daya ingat, sedangkan vitamin C membantu melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga: Catat 8 Tips Berbuka Puasa Sehat dan Baik Bagi Kebugaran Tubuh

Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A dalam ubi ungu bermanfaat untuk kesehatan kulit. Vitamin ini dapat membantu mengurangi masalah kulit seperti jerawat dan keriput, serta mempromosikan pertumbuhan sel-sel kulit yang sehat.

Membantu Menyembuhkan Luka

Kandungan vitamin C dalam ubi ungu juga membantu dalam proses penyembuhan luka. Vitamin C diperlukan untuk pembentukan kolagen, yang merupakan komponen penting dari proses penyembuhan luka.

Baca Juga: Catat Obat Batuk yang Ampuh, Ada 7 Bahan Alami

Mengurangi Risiko Kanker

Beberapa komponen bioaktif dalam ubi ungu, seperti antosianin, memiliki potensi untuk melawan pertumbuhan sel kanker. Meskipun penelitian masih terus dilakukan, ada bukti awal yang menunjukkan bahwa ubi ungu dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

Dalam rangka menikmati manfaat ubi ungu ini, pastikan untuk mengonsumsinya dalam berbagai hidangan, seperti direbus, dipanggang, atau dijadikan puree. Ubi ungu merupakan makanan yang lezat dan sehat yang dapat menjadi bagian penting dari pola makan Anda untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×