kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

7 Manfaat Jamur Enoki Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga, Apa Saja?


Minggu, 26 November 2023 / 12:00 WIB
7 Manfaat Jamur Enoki Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga, Apa Saja?
ILUSTRASI. Jamur enoki

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah manfaat jamur enoki untuk kesehatan tubuh yang tidak terduga dan kerap luput dari perhatian. Tidak hanya itu, cara mengolah dan mengkonsumsi juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat jamur enoki secara maksimal.

Jamur Enoki, yang juga dikenal sebagai Flammulina velutipes, merupakan salah satu jenis jamur yang populer di berbagai masakan Asia, terutama Jepang dan Tiongkok. 

Selain memberikan cita rasa yang lezat pada hidangan, jamur Enoki juga dikenal memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2023-2024 Pekan 20, Simak Prediksi Dewa United vs Persib Bandung

Melansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat jamur enoki untuk kesehatan:

1. Kandungan Nutrisi Tinggi

Jamur Enoki kaya akan nutrisi esensial, termasuk vitamin B, vitamin D, serat, dan mineral seperti zat besi, selenium, dan fosfor. Vitamin B kompleks yang terdapat dalam jamur ini, seperti riboflavin (B2) dan niacin (B3), mendukung fungsi sistem saraf, metabolisme energi, dan menjaga kesehatan kulit.

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan yang Bisa Didapatkan, Apa Saja?

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jamur Enoki mengandung beta-glukan, suatu jenis serat yang telah terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beta-glukan bekerja dengan merangsang aktivitas sel-sel kekebalan tubuh, seperti makrofag dan sel T, yang membantu melawan infeksi dan penyakit.

3. Efek Antioksidan

Jamur Enoki mengandung senyawa antioksidan, seperti ergothioneine dan glutation, yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada proses penuaan serta perkembangan berbagai penyakit.

Baca Juga: Cek 8 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan Tubuh, Banyak Khasiatnya!

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jamur Enoki dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan serat, serta senyawa bioaktif seperti statin dan lovastatin, dapat membantu mengatur kadar kolesterol dalam darah.

5. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Jamur Enoki mengandung serat yang dapat mendukung kesehatan pencernaan. Serat membantu memelihara keseimbangan bakteri baik dalam usus dan meningkatkan gerakan usus, mencegah sembelit, dan mendukung sistem pencernaan secara umum.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

6. Menurunkan Risiko Diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa jamur Enoki dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Senyawa dalam jamur ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin, membantu tubuh mengatur kadar gula darah dengan lebih efektif.

Baca Juga: Daftar 8 Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jamur Enoki rendah kalori dan lemak, sehingga dapat menjadi pilihan makanan yang baik untuk mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Kandungan seratnya juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

Jamur Enoki tidak hanya memberikan variasi rasa pada hidangan, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan. Dengan kandungan nutrisi yang tinggi, efek antioksidan, dan potensi untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, menambahkan jamur Enoki ke dalam pola makan sehat dapat menjadi langkah positif untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Meskipun demikian, sebaiknya konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×