kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.503.000   7.000   0,47%
  • USD/IDR 15.511   25,00   0,16%
  • IDX 7.736   0,77   0,01%
  • KOMPAS100 1.201   -0,83   -0,07%
  • LQ45 959   -0,02   0,00%
  • ISSI 232   -0,49   -0,21%
  • IDX30 493   0,72   0,15%
  • IDXHIDIV20 592   1,38   0,23%
  • IDX80 137   0,09   0,07%
  • IDXV30 143   0,13   0,09%
  • IDXQ30 164   0,10   0,06%
AKTUAL /

7 Manfaat Pare untuk Kesehatan Tubuh yang Tersembunyi, Catat Ya!


Jumat, 24 November 2023 / 11:26 WIB
7 Manfaat Pare untuk Kesehatan Tubuh yang Tersembunyi, Catat Ya!
ILUSTRASI. Manfaat pare untuk kesehatan.

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah manfaat pare untuk kesehatan tubuh yang tersembunyi dan kerap luput dari perhatian. Selain itu, cara mengolah pare juga perlu diperhatikan untuk bisa memaksimalkan manfaat pare tersebut.

Pare, atau dalam istilah ilmiahnya Momordica charantia, sering dijuluki sebagai "raja pahit" karena rasanya yang pahit. 

Meskipun mungkin tidak menjadi pilihan favorit bagi beberapa orang karena rasa pahitnya, namun pare menyimpan sejumlah manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2023-2024 Pekan 20, Simak Prediksi Dewa United vs Persib Bandung

Merangkum dari Verywell Health, berikut beberapa manfaat pare untuk kesehatan:

1. Menurunkan Gula Darah

Pare telah lama dikenal sebagai obat alami untuk menurunkan kadar gula darah. Senyawa yang terkandung dalam pare dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi penyerapan glukosa, dan merangsang produksi insulin oleh pankreas. Oleh karena itu, pare dapat menjadi pilihan yang baik bagi penderita diabetes atau orang yang berisiko tinggi terkena penyakit diabetes.

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan yang Bisa Didapatkan, Apa Saja?

2. Menurunkan Kolesterol

Pare juga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan serat tinggi dalam pare dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol jahat (LDL) dalam saluran pencernaan. Dengan mengonsumsi pare secara teratur, Anda dapat membantu menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Menyediakan Antioksidan

Pare kaya akan antioksidan, seperti flavonoid, karotenoid, dan asam askorbat. Antioksidan ini berperan penting dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker. Mengonsumsi pare dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif.

Baca Juga: Cek 8 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan Tubuh, Banyak Khasiatnya!

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Kandungan serat dalam pare dapat membantu menjaga berat badan yang sehat. Serat membantu memberi rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mengurangi keinginan untuk makan berlebihan. Selain itu, pare rendah kalori dan bebas lemak sehingga cocok menjadi bagian dari menu diet sehat.

5. Meningkatkan Kesehatan Lambung

Pare dapat membantu meningkatkan kesehatan lambung dan sistem pencernaan. Rasa pahit pada pare merangsang produksi enzim pencernaan dan cairan lambung, yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti konstipasi dan gas.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam pare juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan kulit. Pare membantu melawan penuaan dini, mengurangi keriput, dan meningkatkan produksi kolagen untuk kulit yang sehat dan bersinar.

Baca Juga: Daftar 8 Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

7. Menyokong Kesehatan Mata

Pare mengandung vitamin A, yang esensial untuk kesehatan mata. Vitamin A berperan penting dalam menjaga kornea mata, meningkatkan penglihatan, dan melindungi mata dari berbagai masalah kesehatan mata.

Meskipun pare mungkin tidak selalu menjadi makanan yang paling populer karena rasa pahitnya, manfaat kesehatan yang luar biasa yang dapat diperoleh dari mengonsumsinya membuatnya layak untuk dimasukkan ke dalam menu sehari-hari. Oleh karena itu, cobalah untuk menyertakan pare dalam diet Anda untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Penerapan Etika Dalam Penagihan Kredit Macet Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK

×