kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,79   14,99   1.68%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

7 Manfaat Petai Cina Untuk Kesehatan yang Tersembunyi, Catat!


Minggu, 19 November 2023 / 10:05 WIB
7 Manfaat Petai Cina Untuk Kesehatan yang Tersembunyi, Catat!
ILUSTRASI. Manfaat petai cina.

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat petai cina untuk kesehatan tubuh tampaknya tidak terlalu populer dan masih luput dari perhatian. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi petai cina juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat petai cina tersebut.

Petai Cina, atau dikenal juga dengan nama "stink bean" karena baunya yang khas, adalah buah yang tumbuh di sebagian Asia Tenggara, termasuk Indonesia. 

Meskipun baunya yang kuat dapat menjadi tantangan bagi sebagian orang, manfaat kesehatan yang terkandung dalam petai Cina seharusnya membuatnya layak untuk diintegrasikan ke dalam pola makan sehari-hari.

Baca Juga: 6 Manfaat Jus Delima Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

Merangkum dari Health Benefits Times, berikut beberapa manfaat petai cina untuk kesehatan:

1. Sumber Nutrisi yang Kaya

Petai Cina mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, zat besi, kalsium, dan serat. Vitamin dan mineral ini penting untuk menjaga kesehatan mata, kulit, tulang, dan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Selain Pahit, Ini Daftar 10 Manfaat Daun Melinjo Untuk Kesehatan

2. Mengandung Antioksidan Tinggi

Buah-buahan kaya antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Petai Cina mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid dan polifenol yang dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap stres oksidatif.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat, kalium, dan fitonutrien dalam petai Cina dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, sedangkan kalium membantu menjaga tekanan darah normal. Kombinasi ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga: Jangan Dibuang, Catat 7 Manfaat Ampas Kopi Bagi Kesehatan Ini

4. Menyehatkan Pencernaan

Serat makanan yang tinggi dalam petai Cina dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Serat membantu mengatasi masalah sembelit dan menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus, meningkatkan fungsi sistem pencernaan secara keseluruhan.

5. Meningkatkan Energi dan Kesehatan Mental

Petai Cina mengandung vitamin B kompleks, terutama vitamin B6, yang diperlukan untuk produksi neurotransmitter seperti serotonin dan norepinefrin. Kekurangan vitamin B6 dapat berkontribusi pada masalah suasana hati dan kelelahan. Dengan mengonsumsi petai Cina, Anda dapat membantu menjaga kesehatan mental dan tingkat energi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuliner Enak di Bandung, Wajib Coba!

6. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kalsium, fosfor, dan vitamin D dalam petai Cina berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Nutrien-nutrien ini bekerja bersama untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah masalah kesehatan tulang seperti osteoporosis.

Baca Juga: 7 Penyakit Musim Hujan yang Perlu Diwaspadai dan Cara Mencegahnya Agar Tidak Tertular

7. Regulasi Gula Darah

Petai Cina mengandung serat dan nutrisi yang dapat membantu mengatur kadar gula darah. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes atau mereka yang berisiko tinggi mengalami gangguan gula darah.

Meskipun petai Cina mungkin tidak dikenal secara luas, manfaat kesehatannya yang beragam membuatnya menjadi tambahan yang baik untuk pola makan sehat. Namun, sebelum menambahkan petai Cina atau makanan baru lainnya ke dalam diet, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus atau alergi tertentu.

Selanjutnya: Sebelum Berangkat Liburan Ke Korea, Download 5 Aplikasi Penting Ini

Menarik Dibaca: Sebelum Berangkat Liburan Ke Korea, Download 5 Aplikasi Penting Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×