kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

8 Air Rebusan Daun Ini Bisa Bikin Kolesterol Jahat Kabur


Selasa, 02 April 2024 / 06:44 WIB
8 Air Rebusan Daun Ini Bisa Bikin Kolesterol Jahat Kabur
ILUSTRASI. Kolesterol tinggi dapat menjadi masalah serius bagi kesehatan.

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie, Kompas TV | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Kolesterol tinggi dapat menjadi masalah serius bagi kesehatan.

Melansir Kemkes.go.id, kolesterol terbagi menjadi 2 (dua) jenis, yaitu kolesterol baik (HDL) dan jahat (LDL). 

Kolesterol baik atau HDL mampu menyerap kolesterol dan membawanya kembali ke dalam organ hati, kemudian membuangnya keluar dari tubuh. 

Sebaliknya, kolesterol jahat dapat menumpuk di dinding pembuluh darah yang dapat menyumbat dan meningkatkan sejumlah risiko penyakit, seperti serangan jantung hingga stroke. 

Orang dengan kadar kolesterol tinggi perlu mulai mengatur pola makannya agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, seperti serangan jantung dan stroke. 

Salah satu caranya yakni dengan mengonsumsi makanan penurun kolesterol. Makanan penurun kolesterol bisa berupa makanan dengan kandungan Low-Density Lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat yang rendah. 

Namun bisa juga makanan yang punya kandungan High-Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik yang lebih tinggi.

LDL dianggap tinggi jika berada di kisaran 130-159 mg/dL dan sangat tinggi di atas 160 mg/dL. Sementara HDL dianggap buruk jika berada di bawah 40 mg/dL.

Baca Juga: Kristal Asam Urat Bisa Rontok dengan Konsumsi Rutin 5 Makanan Ini

Sedangkan batas tinggi kolesterol berkisar 200-239 mg/dL dan sangat tinggi jika di atas 240 mg/dL. Kadar kolesterol ini bisa diketahui dengan melakukan tes darah.

Menurut NHS, kolesterol tinggi terjadi ketika lemak kolesterol menumpuk terlalu banyak di darah, yang disebabkan karena kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak, kurang olahraga, kelebihan berat badan, hingga kebiasaan merokok dan minum alkohol.

Tapi jangan cemas. Ada beberapa jenis minuman rendah kolesterol yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh?

Dikutip dari laman Kompas.com, berikut adalah 8 jenis minuman rebusan daun yang telah terbukti berkhasiat untuk menurunkan kolesterol tinggi.

1. Air Rebusan Daun Alpukat

Penelitian berjudul Combination Effect of The Extract of Avocado Leaf and Seed (Persea americana) on Level of Total Cholesterol, LDL, and HDL in Mice (Mus musculus) with Hypercholesterolemia 2019 telah menunjukkan bahwa minuman rebusan daun alpukat dapat efektif menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Penelitian tersebut menganalisis pengaruh pemberian ekstrak daun alpukat dan biji alpukat dalam bentuk kombinasi terhadap kolesterol total, LDL, dan HDL pada tikus hiperkolesterolemia yang diinduksi diet tinggi lemak dan kuning telur bebek.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa kombinasi ekstrak daun dan biji alpukat (CALSE) pada semua kelompok perlakuan terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL.

Baca Juga: 7 Manfaat Ampas Kopi Untuk Kesehatan Jika Diolah Dengan Benar

2. Air Rebusan Daun Kelor

Daun kelor telah dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Daun ini juga kaya akan senyawa yang menyehatkan

Tidak hanya itu, daun kelor juga mengandung antara lain; vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, folat, kalsium, kalium, besi, magnesium, fosfor, dan seng.

3. Air Rebusan Daun Sirih

Daun sirih juga telah terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol, terutama LDL atau kolesterol jahat.

Studi juga menunjukkan bahwa daun sirih dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sambil menurunkan kolesterol jahat.

4. Air Rebusan Daun Sirsak

Sebuah penelitian berjudul Potensi Ekstrak Air Daun Sirsak Sebagai Penurun Kolesterol dan Pengendali Bobot Badan 2016, menunjukkan bahwa minuman rebusan daun sirsak dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Hasil penelitian itu menunjukkan efek pada kolesterol darah mirip dengan obat simvastatin karena mengandung flavonoid yang dapat menghambat enzim HMG CoA reduktase, yang serupa dengan mekanisme kerja simvastatin dalam menurunkan kadar kolesterol darah.

5. Air Rebusan Daun Salam

Pusat Informasi Bioteknologi Nasional Amerika (NCBI) menyatakan bahwa daun salam telah terbukti mengurangi glukosa serum, kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida, serta meningkatkan kadar kolesterol HDL pada penderita diabetes tipe 2.

Zat-zat dalam daun salam memiliki efek antidiabetik, antihypertensive, antioksidan, antikolesterol, dan antitumor.

Untuk mendapatkan khasiatnya, kamu dapat mengonsumsinya dengan cara merebus 20 gram daun salam di dalam 400 ml air selama 15 menit.

6. Air Rebusan Daun Kari

Dilansir dari Kontan, penelitian dari American Journal of Chinese Medicine menunjukkan bahwa ekstrak daun kari dapat menurunkan kolesterol dan gula darah.

Namun, penelitian tersebut hanya dilakukan pada tikus yang menderita diabetes. Peneliti memberikan tikus suntikan ekstrak daun kari intraperitoneal setiap hari selama 10 hari.

Meskipun hasilnya ekstrak daun kari secara signifikan terbukti menurunkan kolesterol dan gula darah. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiatnya pada manusia.

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, Memperkuat Hati Hingga Turunkan Kolesterol

7. Air Rebusan Daun Kumis Kucing

Minuman rebusan daun kumis kucing dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Hal ini terbukti karena daun Kumis Kucing mengandung flavonoid yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

8. Air Rebusan Daun Serai

Sebuah penelitian pada Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research menyatakan bahwa ekstrak serai dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Namun sayangnya, penelitian ini membuktikan manfaat ekstrak serai pada hewan. Sehingga belum ada studi lebih lanjut mengenai manfaat serai untuk kolesterol pada manusia.

Meskipun minuman rebusan daun dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi, penting juga untuk menjaga pola makan seimbang dan gaya hidup sehat.

Sebagian artikel ini sudah tayang di Kompas.tv berjudul: Ternyata 8 Air Rebusan Daun ini Dapat Menurunkan Kolesterol Tinggimu! Apa Saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×