kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

8 Khasiat Air Jahe Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi


Selasa, 05 Maret 2024 / 04:31 WIB
8 Khasiat Air Jahe Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
ILUSTRASI. Air jahe

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat dan khasiat air jahe bagi kesehatan tubuh bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin dan benar. Selain itu, manfaat air jahe juga telah teruji khasiatnya.

Jahe (Zingiber officinale) bukan hanya bumbu dapur yang memberi rasa hangat pada masakan atau minuman. 

Sejak zaman dahulu, jahe telah dipercaya memiliki beragam manfaat kesehatan yang luar biasa. Salah satu cara terbaik untuk menikmati manfaat kesehatan jahe adalah dengan menyeduhnya menjadi air jahe.

Baca Juga: Kulit Pisang Punya Manfaat Bagi Kesehatan? Ada 6 Hal yang Menarik Diketahui

Air jahe adalah minuman yang dihasilkan dari merebus jahe segar dalam air, kemudian diminum sebagai teh hangat. 

Melansir dari Medical News Today, Orang telah mengkonsumsi air jahe selama ribuan tahun, sebagai penyedap makanan dan obat alami, untuk mengobati berbagai kondisi, seperti nyeri dan mual.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari mengonsumsi air jahe:

Meredakan Masalah Pencernaan

Air jahe telah lama digunakan sebagai penangkal masalah pencernaan seperti mual, muntah, dan gangguan pencernaan lainnya. Senyawa aktif dalam jahe, seperti gingerol dan shogaol, memiliki sifat anti-inflamasi dan mengurangi kejang otot di dalam saluran pencernaan, membantu meredakan gejala yang tidak nyaman.

Baca Juga: 6 Obat Gula Darah Tinggi Alami yang Aman Dikonsumsi, Sudah Coba?

Mengurangi Mual dan Muntah

Khasiat air jahe yang paling terkenal adalah kemampuannya untuk mengurangi mual dan muntah. Baik untuk mabuk perjalanan, mual pagi saat kehamilan, atau efek samping dari kemoterapi, air jahe telah terbukti efektif mengurangi gejala yang tidak nyaman ini.

Antiinflamasi dan Antimikroba Alami

Jahe mengandung senyawa-senyawa antiinflamasi yang kuat, yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Selain itu, sifat antimikroba jahe dapat membantu melawan infeksi bakteri dan virus, menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Mangga Muda Bagi Kesehatan yang Tidak Teruga

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Minum air jahe secara teratur dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Dengan memperbaiki sirkulasi darah dan memiliki sifat antiinflamasi, air jahe dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Jahe telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk merangsang pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Minum air jahe secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Baca Juga: 7 Manfaat Petai Cina Jika Dikonsumsi dengan Benar, Banyak Khasiatnya!

Membantu Mengatasi Nyeri Otot dan Sendi

Air jahe memiliki sifat analgesik alami yang dapat membantu mengurangi nyeri otot dan sendi. Ini bisa menjadi solusi alami bagi mereka yang menderita arthritis atau cedera olahraga.

Menjaga Kesehatan Mental

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jahe dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan memperbaiki fungsi kognitif. Ini dapat membantu menjaga kesehatan mental dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif.

Air jahe adalah minuman yang tidak hanya enak, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dari meredakan mual hingga meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga kesehatan pencernaan, jahe telah terbukti menjadi salah satu bahan alami yang paling berharga untuk kesehatan manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×