kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

8 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui, Simak Ini!


Minggu, 26 November 2023 / 15:30 WIB
8 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui, Simak Ini!
ILUSTRASI. Kacang hijau

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang menarik dan perlu diketahui. Selain itu, manfaat kacang hijau juga telah terbukti khasiatnya oleh berbagai uji klinis.

Kacang hijau, yang juga dikenal sebagai Vigna radiata, adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya akan nutrisi dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Kacang hijau telah menjadi bagian penting dari diet tradisional di berbagai budaya, dan penelitian terus menunjukkan bahwa konsumsi kacang hijau dapat memberikan dampak positif pada kesehatan tubuh. 

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2023-2024 Pekan 20, Simak Prediksi Dewa United vs Persib Bandung

Melansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh:

1. Sumber Protein Berkualitas Tinggi

Kacang hijau mengandung protein yang tinggi, membuatnya menjadi sumber protein nabati yang baik. Protein diperlukan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, mendukung pertumbuhan otot, dan menjaga kesehatan sel-sel tubuh.

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan yang Bisa Didapatkan, Apa Saja?

2. Kaya akan Serat

Serat dalam kacang hijau membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit. Konsumsi serat yang cukup juga dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Penuh dengan Vitamin dan Mineral

Kacang hijau mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin B, vitamin K, magnesium, fosfor, dan zat besi. Vitamin dan mineral ini penting untuk berbagai fungsi tubuh, seperti pembentukan darah, metabolisme energi, dan kesehatan tulang.

Baca Juga: Cek 8 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan Tubuh, Banyak Khasiatnya!

4. Menyokong Kesehatan Jantung

Kacang hijau dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan serat, antioksidan, dan lemak sehat dalam kacang hijau dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

5. Mengatur Gula Darah

Kacang hijau memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti mereka dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Ini membuatnya menjadi pilihan makanan yang baik untuk penderita diabetes atau mereka yang berusaha menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

6. Sumber Antioksidan

Kacang hijau mengandung antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan mengurangi risiko penyakit kronis.

7. Menyokong Proses Detoksifikasi

Kacang hijau membantu proses detoksifikasi dalam tubuh. Kandungan seratnya membantu membersihkan saluran pencernaan dan membuang zat-zat berbahaya dari tubuh.

Baca Juga: Daftar 8 Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

8. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Konsumsi kacang hijau secara teratur telah dikaitkan dengan pengurangan risiko penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

Dengan begitu banyak manfaat kesehatan yang dimilikinya, kacang hijau adalah tambahan yang sangat baik untuk diet seimbang. Namun, seperti halnya dengan semua makanan, konsumsilah kacang hijau dengan porsi yang sehat dan seimbang sebagai bagian dari gaya hidup sehat secara keseluruhan.

Selanjutnya: Gaji & Tunjangan TNI Sesuai Pangkat, Panglima TNI Agus Subiyanto Janjikan Kenaikan

Menarik Dibaca: Amankah Pijat Untuk Ibu Hamil? Ini Penjelasannya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×