kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

8 Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Cek Yuk!


Sabtu, 25 November 2023 / 08:10 WIB
8 Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Cek Yuk!
ILUSTRASI. Sawi putih

Penulis: Ryan Suherlan

8 Manfaat Sawi Putih  - Manfaat sawi putih untuk kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang luar biasa dan menarik diketahui. Tidak hanya itu, manfaat sawi putih juga telah teruji secara klinis.

Sawi putih, atau yang dikenal juga sebagai bok choy atau pak choi, adalah sayuran hijau yang sering digunakan dalam masakan Asia.

Selain memberikan rasa segar pada hidangan, sawi putih juga kaya akan nutrisi yang memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2023-2024 Pekan 20, Simak Prediksi Dewa United vs Persib Bandung

Merangkum dari WebMD, berikut beberapa manfaat sawi putih untuk kesehatan:

1. Kaya akan Nutrisi Penting

Sawi putih mengandung sejumlah nutrien penting seperti vitamin A, C, dan K. Vitamin A baik untuk kesehatan mata, vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sedangkan vitamin K mendukung pembekuan darah yang sehat.

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan yang Bisa Didapatkan, Apa Saja?

2. Serat Tinggi

Sawi putih adalah sumber serat yang baik. Serat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, mencegah sembelit, dan mengatur kadar gula darah. Selain itu, konsumsi serat yang cukup juga dapat membantu dalam manajemen berat badan.

3. Antioksidan untuk Perlindungan Sel

Antioksidan yang terdapat dalam sawi putih, seperti beta-karoten dan flavonoid, membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat berkontribusi pada penuaan dini dan perkembangan penyakit kronis.

Baca Juga: Cek 8 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan Tubuh, Banyak Khasiatnya!

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan vitamin K dalam sawi putih sangat penting untuk kesehatan tulang. Vitamin K membantu dalam penyerapan kalsium dan pembentukan protein yang mendukung kesehatan tulang dan gigi.

5. Mendukung Kesehatan Jantung

Sawi putih dapat membantu menjaga kesehatan jantung karena kandungan potassiumnya. Potassium membantu mengatur tekanan darah dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

6. Meningkatkan Kesehatan Mata

Vitamin A yang tinggi dalam sawi putih berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Konsumsi cukup vitamin A dapat membantu mencegah masalah penglihatan dan menjaga kelembaban mata.

7. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang terdapat dalam sawi putih memiliki peran kunci dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

Baca Juga: Daftar 8 Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

8. Menyediakan Energi

Sawi putih mengandung sejumlah kecil kalori, sehingga dapat menjadi pilihan makanan yang baik untuk mereka yang ingin menjaga berat badan atau mencapai tujuan penurunan berat badan. Meskipun rendah kalori, sayuran ini tetap menyediakan energi yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari.

Dengan kandungan nutrisi yang kaya, sawi putih dapat menjadi tambahan yang bermanfaat untuk pola makan sehat. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, disarankan untuk mengonsumsinya secara teratur sebagai bagian dari diet seimbang. Namun, seperti halnya dengan semua makanan, variasi dan keseimbangan tetaplah kunci untuk mencapai kesehatan yang optimal.

Selanjutnya: Promo PHD Akhir November 2023, Menu Hemat Serba Rp 16.000 dan Rp 22.000

Menarik Dibaca: Promo PHD Akhir November 2023, Menu Hemat Serba Rp 16.000 dan Rp 22.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×