kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Apa Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan? Simak 7 Hal Ini


Sabtu, 02 Maret 2024 / 10:30 WIB
Apa Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan? Simak 7 Hal Ini
ILUSTRASI. Air kelapa

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat air kelapa bagi kesehatan tubuh termasuk salah satu hal yang penting diketahui. Pasalnya, manfaat air kelapa juga telah teruji khasiatnya.

Air kelapa adalah minuman alami yang berasal dari buah kelapa hijau. Selain memiliki rasa yang segar dan lezat, air kelapa juga dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa.

Minuman ini telah menjadi populer di seluruh dunia sebagai salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan tubuh. Merangkum dari PharmEasy berikut beberapa manfaat air kelapa:

Baca Juga: 10 Penyebab Asam Lambung Naik yang Perlu Diketahui, Bisa Dari Makanan

Sumber Hidrasi yang Alami

Air kelapa adalah salah satu minuman terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Kandungan elektrolit alami dalam air kelapa, seperti kalium, natrium, dan magnesium, membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Saat cuaca panas atau setelah berolahraga, air kelapa dapat menggantikan cairan yang hilang dan mencegah dehidrasi.

Menyediakan Nutrisi Penting

Selain elektrolit, air kelapa mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin C, vitamin B-complex, dan mineral seperti kalsium dan fosfor. 

Vitamin C berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh, sedangkan vitamin B-complex mendukung metabolisme dan kesehatan saraf. Kalsium dan fosfor penting untuk kesehatan tulang dan gigi.

Baca Juga: Banyak Khasitanya, Simak Manfaat Oyong Bagi Kesehatan Tubuh

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan asam laurat dalam air kelapa memiliki sifat antimikroba dan antiviral yang dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit. Air kelapa juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih, yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Air kelapa rendah lemak dan kolesterol, sehingga cocok untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium dalam air kelapa membantu mengatur tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Konsumsi rutin air kelapa dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan mengurangi risiko penyumbatan.

Baca Juga: Baik Dikonsumsi Saat Puasa, Ini 8 Manfaat Kurma yang Menarik Diketahui

Mendukung Pencernaan yang Sehat

Serat alami dalam air kelapa dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit. Serat membantu memperlancar gerakan usus, sehingga mencegah sembelit dan mendukung pencernaan yang sehat secara keseluruhan.

Menyegarkan Kulit

Tidak hanya bermanfaat untuk tubuh bagian dalam, air kelapa juga bermanfaat untuk kulit. Dengan mengandung antioksidan, air kelapa membantu melawan tanda-tanda penuaan dini dan menjaga kulit tetap segar dan bercahaya. Banyak produk perawatan kulit juga menggunakan air kelapa sebagai bahan aktif.

Baca Juga: Menjelang Ramadhan, Simak 10 Cara Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Puasa

Mengurangi Risiko Batu Ginjal

Air kelapa dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Kandungan kalium dalam air kelapa membantu menghancurkan batu ginjal yang mungkin terbentuk, serta menjaga ginjal tetap sehat.

Dalam rangka mendapatkan manfaat optimal dari air kelapa, disarankan untuk mengonsumsinya dalam bentuk segar alami, tanpa tambahan gula atau pengawet. Anda juga dapat menggunakan air kelapa sebagai basis untuk smoothie sehat atau minuman energi alami.

Selanjutnya: Intip Profil Bisnis Intikeramik Alamasri (IKAI) Setelah Jadi Perusahaan Holding

Menarik Dibaca: Masukkan Daftar Kunjungan, Ini 6 Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi di Jepang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×