kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Apa Manfaat Lobak Bagi Kesehatan? Simak 8 Hal Ini


Rabu, 06 Maret 2024 / 10:47 WIB
Apa Manfaat Lobak Bagi Kesehatan? Simak 8 Hal Ini
ILUSTRASI. Lobak

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat lobak bagi kesehatan tubuh cukup populer dan menarik perhatian. Namun, tahukah Anda apa saja manfaat lobak bagi kesehatan tersebut?

Lobak, atau dalam bahasa ilmiahnya disebut Raphanus sativus, adalah sayuran akar yang sudah dikenal sejak zaman kuno dan menjadi bahan makanan yang populer di berbagai masakan di seluruh dunia. 

Selain itu, lobak juga termasuk salah satu sayuran yang mempunyai rasa yang khas dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan enak.

Baca Juga: 5 Obat Alami untuk Mengatasi Masalah Ambeien dan Penyebab Munculnya Ambeien

Melansir dari WebMD, lobak juga merupakan sumber nitrat alami yang dapat membantu meningkatkan aliran darah Anda. Selain itu, lobak juga baik untuk kesehatan usus dan mengurangi obesitas, menurut sebuah penelitian.

Berikut beberapa manfaat lobak bagi kesehatan, di antaranya:

Kaya akan Nutrisi

Lobak mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk serat, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, kalium, folat, dan antioksidan. Serat dalam lobak dapat membantu mempromosikan pencernaan yang sehat, sementara vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh dan mempromosikan kesehatan kulit.

Baca Juga: 9 Cara Mengatasi Kulit Kering, Efektif dan Mudah Dilakukan

Menjaga Kesehatan Jantung

Lobak rendah kalori dan kandungan lemaknya yang minimal menjadikannya makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, kandungan serat dan kalium dalam lobak dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meredakan risiko penyakit jantung.

Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi dalam lobak dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu mengontrol nafsu makan dan mengurangi asupan kalori harian. Ini adalah kabar baik bagi mereka yang berusaha menurunkan berat badan.

Menyokong Kesehatan Mata

Lobak mengandung vitamin A, zeaxanthin, dan lutein, yang semuanya berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Konsumsi lobak secara teratur dapat membantu melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV dan penuaan.

Baca Juga: Kulit Jeruk Punya Manfaat Bagi Kesehatan? Ada 8 Hal yang Tidak Terduga

Antioksidan yang Kuat

Lobak mengandung senyawa antioksidan, seperti sulforaphane dan isotiocyanates, yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat merusak sel-sel dan jaringan tubuh, yang dapat berkontribusi pada berbagai penyakit, termasuk kanker.

Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dalam lobak memiliki peran penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ini membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit. Konsumsi lobak secara teratur dapat membantu Anda tetap sehat sepanjang tahun.

Menjaga Kesehatan Tulang

Lobak mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk kalsium, kalium, dan magnesium, yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang. Kalsium adalah komponen penting dalam pembentukan tulang, sementara magnesium membantu tubuh dalam penyerapan kalsium.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan, Banyak Khasiatnya!

Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C dalam lobak memiliki efek positif pada produksi kolagen, yang penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. Konsumsi lobak dapat membantu mengurangi keriput dan tanda-tanda penuaan pada kulit.

Dalam kesimpulan, lobak adalah sayuran akar yang kaya nutrisi dan memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa. Dengan kandungan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi, lobak dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, meningkatkan sistem kekebalan, dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memasukkan lobak ke dalam pola makan Anda untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×