kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,81   -26,92   -2.90%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Bantu Mengurangi Risiko Diabetes, Ini 8 Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan


Sabtu, 06 April 2024 / 10:30 WIB
Bantu Mengurangi Risiko Diabetes, Ini 8 Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan
ILUSTRASI. Srikaya

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah srikaya untuk kesehatan bisa didapatkan dengan mudah jika dikonsumsi secara rutin. Tak heran, manfaat buah srikaya cukup menarik perhatian untuk diketahui.

Buah srikaya, juga dikenal dengan sebutan sugar apple atau custard apple, adalah buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. 

Buah ini memiliki rasa manis dan tekstur lembut, dan ternyata bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Tidak Terduga

Merangkum dari Healthline, berikut beberapa manfaat buah srikaya untuk kesehatan tubuh:

Kaya akan Nutrisi Penting

Buah srikaya mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B6, riboflavin, niacin, folat, kalsium, fosfor, magnesium, potassium, zat besi, dan serat. Nutrisi-nutrisi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah srikaya berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan membantu melindungi tubuh dari penyakit.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan, Kaya Akan Serat

Mendukung Kesehatan Jantung

Serat dalam buah srikaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga dapat mendukung kesehatan jantung. Selain itu, kandungan kaliumnya dapat membantu mengatur tekanan darah.

Mencegah Kanker

Beberapa senyawa antioksidan dalam buah srikaya, seperti fitokimia dan senyawa polifenol, dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker dan mengurangi risiko terkena beberapa jenis kanker.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam buah srikaya baik untuk kesehatan mata. Vitamin A diperlukan untuk menjaga kesehatan retina dan menjaga penglihatan yang baik.

Baca Juga: Apa Manfaat Buah Kecapi Untuk Kesehatan? Cek 8 Hal Ini

Membantu Pencernaan

Serat yang tinggi dalam buah srikaya dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Serat membantu melancarkan saluran pencernaan, mencegah sembelit, dan mempromosikan kesehatan usus.

Mengurangi Risiko Diabetes

Kandungan serat dalam buah srikaya juga dapat membantu mengatur kadar gula darah, sehingga dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Baca Juga: Mampu Mengurangi Risiko Kanker, Ini 8 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

Mengandung Antiinflamasi Alami

Beberapa senyawa dalam buah srikaya memiliki sifat antiinflamasi alami, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan mencegah berbagai penyakit peradangan.

Meskipun buah srikaya memiliki banyak manfaat kesehatan, tetaplah konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter sebelum menambahkan atau mengubah jenis makanan dalam diet Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Selanjutnya: Deja Vu di Jumat Keramat, Kapitalisasi Pasar BREN Kembali Menggusur BBRI

Menarik Dibaca: Eva Mulia Clinic Hadirkan Lifting Gold Mask Dengan Teknologi Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

×