kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Biji Pepaya Punya Manfaat Bagi Kesehatan? Simak 7 Hal Ini


Senin, 04 Maret 2024 / 08:46 WIB
Biji Pepaya Punya Manfaat Bagi Kesehatan? Simak 7 Hal Ini
ILUSTRASI. Biji pepaya

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Biji pepaya adalah salah satu hal yang kerap luput dan kalah perhatian dari buah pepaya. Padahal, ada berbagai manfaat biji pepaya bagi kesehatan tubuh yang bisa didapatkan.

Pepaya, juga dikenal sebagai Carica papaya, adalah buah tropis yang terkenal karena rasa manis dan teksturnya yang lembut. 

Pepaya telah menjadi favorit di banyak daerah di seluruh dunia, tidak hanya karena rasanya yang lezat, tetapi juga karena biji pepaya yang kaya akan manfaat untuk kesehatan manusia.

Baca Juga: Ini Manfaat Jus Wortel Bagi Kesehatan, Tak Hanya Baik Untuk Mata

Melansir dari NDTV, cara mengonsumsi biji pepaya yang benar adalah dengan mengeringkannya dan menggilingnya hingga menjadi bubuk. Anda kemudian bisa menaburkan bubuk tersebut pada makanan Anda atau menambahkannya ke smoothie, salad, atau hidangan lainnya.

Berikut beberapa manfaat biji pepaya yang menarik diketahui:

Sumber Nutrisi

Biji pepaya mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein, serat, vitamin, dan mineral. Mereka mengandung vitamin A, C, dan E, yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Selain itu, biji pepaya juga mengandung folat, vitamin K, kalsium, dan magnesium.

Baca Juga: Kenali Gejala, Penyebab dan Obat Mabuk Perjalanan di Kendaraan

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang ditemukan dalam biji pepaya adalah antioksidan alami yang membantu melawan radikal bebas dan infeksi. Dengan mengonsumsi biji pepaya secara teratur, Anda dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, membuatnya lebih mampu melawan penyakit dan infeksi.

Menyehatkan Pencernaan

Biji pepaya mengandung enzim papain, yang dikenal sebagai pencerna protein. Enzim ini dapat membantu memecah protein dalam makanan Anda, memudahkan proses pencernaan. Selain itu, serat dalam biji pepaya juga membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda dengan mencegah sembelit dan merangsang pergerakan usus yang sehat.

Baca Juga: Banyak Khasitanya, Simak Manfaat Oyong Bagi Kesehatan Tubuh

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Asam folat, yang ditemukan dalam biji pepaya, memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung. Asam folat membantu mengurangi tingkat homosistein dalam darah, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, serat dalam biji pepaya juga dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol, yang merupakan faktor risiko penting untuk penyakit jantung.

Mendukung Kesehatan Mata

Vitamin A dalam biji pepaya penting untuk kesehatan mata. Ini dapat membantu mencegah masalah mata seperti rabun senja dan katarak. Jadi, dengan mengonsumsi biji pepaya, Anda dapat membantu menjaga penglihatan yang sehat.

Anti-inflamasi Alami

Kandungan anti-inflamasi dalam biji pepaya dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat bagi individu yang menderita kondisi peradangan kronis, seperti arthritis.

Baca Juga: Baik Dikonsumsi Saat Puasa, Ini 8 Manfaat Kurma yang Menarik Diketahui

Mendukung Penurunan Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi dalam biji pepaya dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk makan berlebihan. Selain itu, enzim papain dalam biji pepaya dapat membantu dalam pemecahan lemak, yang dapat mendukung upaya penurunan berat badan.

Meskipun biji pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, perlu diingat bahwa konsumsi biji pepaya harus dalam jumlah yang wajar. 

Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap biji pepaya, jadi selalu bijak untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum menambahkannya ke dalam diet Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×