kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Bukan Nasi Putih, Ini 8 Sumber Karbohidrat yang Membuat Kenyang Lebih Lama


Kamis, 21 Maret 2024 / 11:33 WIB
Bukan Nasi Putih, Ini 8 Sumber Karbohidrat yang Membuat Kenyang Lebih Lama
ILUSTRASI. Bukan Nasi Putih, Ini 8 Sumber Karbohidrat yang Membuat Kenyang Lebih Lama

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Intip sumber karbohidrat yang membuat kenyang lebih lama. Makanan tentu penting dalam mengelola energi yang bisa menyehatkan tubuh sekaligus.

Sumber karbohidrat yang mengenyangkan lebih lama memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan gula darah, menyediakan energi bertahan lama, dan menjaga perasaan kenyang dalam pola makan sehari-hari.

Karbohidrat kompleks, serat, dan nutrisi lainnya yang ditemukan dalam makanan di rumah.

Makanan seperti ubi jalar, talas, buncis, beras merah, gandum, blueberry, pisang, dan kastanye tidak hanya memberikan energi, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang signifikan.

Dalam upaya untuk menjaga pola makan sehat dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, memilih sumber karbohidrat yang mengenyangkan dapat menjadi langkah penting dalam mencapai dan menjaga kesehatan yang optimal.

Baca Juga: Ini Menu Sarapan Agar Gout Tidak Menyerang Lagi, Cek Juga Tips Diet Asam Urat

Sumber karbohidrat yang membuat kenyang lebih lama

Mengonsumsi karbohidrat

Anda bisa memilih beberapa sumber karbohidrat berikut ini sebagai pengganti makanan pokok.

Simak daftar sumber karbohidrat yang membuat kenyang lebih lama, dirangkum dari laman Mens journal.

Baca Juga: Ini 5 Cara Menurunkan Glukosa Nasi Putih dengan Mudah

1. Ubi Jalar

Ubi jalar kaya akan pati sederhana, karbohidrat kompleks, serat, beta-karoten, dan vitamin. Pati sederhana dan karbohidrat kompleks memberikan sumber energi yang baik, sementara serat membantu pencernaan dan menjaga kenyang.

Kandungan beta-karoten dan vitamin membuat ubi jalar baik untuk kesehatan mata dan kulit. Meskipun mengandung gula alami, ubi jalar memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, sehingga cocok bagi mereka yang mengontrol kadar gula darah.

2. Talas

Talas adalah akar tanaman yang populer di Asia, Amerika Selatan, dan sebagian Kepulauan Pasifik. Gula alaminya memberikan rasa manis dan pedas saat dimasak. Talas merupakan sumber serat makanan terbaik yang membantu pencernaan dan menjaga kenyang. Kandungan karbohidrat kompleks dalam talas memberikan energi tahan lama dan mengontrol kadar gula darah secara bertahap.

3. Buncis

Buncis adalah salah satu kacang-kacangan yang populer dan merupakan sumber karbohidrat yang baik, terutama untuk pengelolaan berat badan.

Kandungan serat yang tinggi membantu menjaga kenyang dan mengontrol nafsu makan. Selain itu, buncis memiliki indeks glikemik rendah yang membuatnya cocok untuk menjaga kadar gula darah.

4. Beras Merah

Beras merah adalah sumber karbohidrat kompleks yang melimpah, yang memberikan energi tahan lama dan mengatur kadar gula darah. Kandungan serat yang tinggi membantu pencernaan dan menjaga kenyang. Beras merah juga mengandung nutrisi penting seperti vitamin B dan mineral.

Beras merah

5. Gandum

Gandum adalah salah satu biji-bijian yang kaya akan karbohidrat dan serat. Serat dalam gandum membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mengontrol nafsu makan. Gandum juga mengandung beta-glukan, yang membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

6. Blueberry

Blueberry adalah buah yang kaya akan nutrisi dan antioksidan. Meskipun mengandung karbohidrat dalam jumlah yang sedang, blueberry memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk melawan radikal bebas, meningkatkan kesehatan otak, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

7. Pisang

Pisang adalah sumber karbohidrat yang cepat diserap tubuh dan kaya akan potasium. Karbohidrat dalam pisang memberikan energi cepat, sementara potasium membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

8. Kacang Kastanye

Kastanye adalah sumber karbohidrat yang rendah lemak dan kaya akan vitamin C, folat, dan lemak tak jenuh tunggal.

Meskipun mengandung karbohidrat, kastanye memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga cocok untuk mengatur kadar gula darah dan menjaga kesehatan jantung.

Itulah sederet informasi terkait sumber karbohidrat yang bisa dicoba dalam mendapatkan energi tubuh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×