kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45894,24   0,81   0.09%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ini 5 Cara Menurunkan Glukosa Nasi Putih dengan Mudah


Senin, 18 Maret 2024 / 12:57 WIB
Ini 5 Cara Menurunkan Glukosa Nasi Putih dengan Mudah
ILUSTRASI. Panduan menurunkan Glukosa Nasi Putih dengan Mudah. dok/Asian Inspiration

Penulis: Bimo Kresnomurti

Cara Menurunkan Glukosa Nasi Putih  - JAKARTA. Simak cara menurunkan glukosa nasi putih dengan mudah. Konsumsi nasi putih perlu dipertimbangkan untuk penderita diabetes dan penyakit terkait.

Nasi putih terkenal dengan salah satu makanan dengan indeks glikemik tinggi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan indeks glikemik pada nasi, sehingga glukosa darah tidak naik terlalu cepat setelah mengonsumsinya.

Anda bisa memilih jenis nasi yang memiliki indeks glikemik lebih rendah, seperti nasi merah, nasi hitam, atau nasi basmati.

Nasi-nasi ini cenderung memiliki serat lebih tinggi dan memberikan kenaikan glukosa darah yang lebih lambat dibandingkan nasi putih biasa.

Baca Juga: Agar Tetap Sehat! Ini Tips Berpuasa untuk Penderita Diabetes

Cara menurunkan glukosa nasi putih

Nasi putih

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan dan diyakini secara riset seperti peran pati resisten ke pencernaan hingga konsumsi nutrisi penting lain.

Berikut ini cara menurunkan glukosa nasi putih yang mudah dilakukan, dilansir dari laman Eating Well.

Baca Juga: 7 Makanan yang Bisa Jadi Menu Diet Asam Lambung, GERD Pergi Jauh

1. Proses memasak

Pengolahan nasi juga dapat memengaruhi indeks glikemiknya. Misalnya, memasak nasi dengan metode pengukusan atau menggunakan rice cooker dengan takaran air yang tepat dapat membantu menurunkan indeks glikemiknya.

Cara memasak nasi putih juga dapat memengaruhi jumlah karbohidrat yang diserap tubuh, dan oleh karena itu dapat mengubah respons gula darah Anda terhadap nasi.

2. Simpan di pendingin

Nasi putih yang telah dimasak lalu dimasukkan ke pendingin seperti lemari es dapat menurunkan indeks glikemik. Anda bisa menaruhnya selama 10-12 jam kemudian diamkan di suhu ruang sebelum dikonsumsi.

Beras secara alami mengandung pati resisten, sejenis pati yang tidak dapat dicerna dan diserap di usus kecil.

Pati resisten tahan terhadap enzim pencernaan manusia, lambat dalam pelepasan glukosa sehingga asupan energi berkurang pada sel-sel usus, yang terbukti dengan rendahnya indeks glikemik

Saat nasi putih masuk pendingin, ini lebih banyak pati resisten dibandingkan nasi yang baru dimasak.

Hal ini disebabkan adanya perubahan struktur molekul pati sehingga mempengaruhi daya cerna pati dan menurunkan indeks glikemiknya.

3. Konsumsi dengan makanan lain

Konsumsi nasi bersama dengan makanan yang mengandung serat tinggi, seperti sayuran hijau atau kacang-kacangan, serta protein, seperti ikan atau daging tanpa lemak, dapat membantu memperlambat penyerapan glukosa dari nasi.

4. Ganti nasi putih dengan alternatif lain

Selain nasi, Anda juga bisa mencoba mengganti karbohidrat sumber dengan alternatif lain yang memiliki indeks glikemik lebih rendah, seperti kentang rebus, kacang-kacangan, atau biji-bijian seperti quinoa.

5. Porsi yang lebih kecil

Anda bisa meengurangi porsi nasi yang dikonsumsi juga dapat membantu mengurangi lonjakan glukosa darah. Cobalah untuk mengurangi porsi nasi dan memperbanyak porsi sayuran dan protein dalam satu hidangan.

Itulah informasi terkait cara menurunkan glukosa nasi putih dengan mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×