kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Catat 8 Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan, Apa Saja?


Minggu, 26 November 2023 / 10:15 WIB
Catat 8 Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan, Apa Saja?
ILUSTRASI. Manfaat terong ungu untuk kesehatan.

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat terong ungu untuk kesehatan tubuh yang menarik dan penting diketahui. Tidak hanya itu, cara mengolah dan mengkonsumsi terong ungu juga perlu diperhatikan untuk bisa memaksimalkan manfaat terong ungu tersebut.

Terong ungu, atau yang juga dikenal dengan nama aubergine atau eggplant, adalah jenis terong dengan warna ungu yang khas. 

Tidak hanya memberikan warna menarik pada hidangan, tetapi terong ungu juga menyediakan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2023-2024 Pekan 20, Simak Prediksi Dewa United vs Persib Bandung

Merangkum dari WebMD, berikut beberapa manfaat terong ungu untuk kesehatan:

1. Kandungan Antioksidan Tinggi

Terong ungu mengandung senyawa antioksidan, seperti anthocyanin dan flavonoid, yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif dan dapat mengurangi risiko penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan yang Bisa Didapatkan, Apa Saja?

2. Menyokong Kesehatan Jantung

Kandungan serat, kalium, dan antioksidan dalam terong ungu dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Serat membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam darah, sementara kalium membantu menjaga keseimbangan tekanan darah.

3. Mengelola Diabetes

Terong ungu dapat menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes karena kandungan seratnya yang tinggi. Serat membantu mengontrol kadar gula dalam darah dengan mengatur penyerapan glukosa. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam terong dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Baca Juga: Cek 8 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan Tubuh, Banyak Khasiatnya!

4. Mendukung Fungsi Otak

Terong ungu mengandung nutrisi penting seperti vitamin B6, folat, dan antioksidan yang dapat mendukung kesehatan otak. Vitamin B6, misalnya, berperan dalam produksi neurotransmitter, sementara folat penting untuk perkembangan sel-sel saraf.

5. Menyediakan Nutrisi Penting

Terong ungu kaya akan nutrisi seperti vitamin C, K, B6, folat, tembaga, mangan, dan serat. Nutrisi ini diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang, sistem kekebalan tubuh, dan berbagai fungsi tubuh lainnya.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

6. Mengandung Zat Antiinflamasi

Beberapa senyawa dalam terong, seperti nasunin, memiliki sifat antiinflamasi. Ini dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang dapat berkontribusi pada berbagai kondisi kesehatan, termasuk arthritis dan penyakit inflamasi lainnya.

7. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Kandungan serat tinggi dalam terong ungu dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu mengontrol nafsu makan, dan mendukung program penurunan berat badan.

Baca Juga: Daftar 8 Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

8. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat dalam terong ungu juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu melancarkan saluran pencernaan, mencegah sembelit, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Dengan mengintegrasikan terong ungu ke dalam pola makan sehari-hari, seseorang dapat menikmati manfaat kesehatan ini. Namun, selalu penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan, terutama bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Selanjutnya: Tangguh Train 3 Beroperasi, Ini Porsi Penjualan Gas untuk Domestik dan Luar Negeri

Menarik Dibaca: Pakai Soda Kue hingga Cuka Apel, Ini Lo Cara Hilangkan Bau Badan Secara Alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×