kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Ibu Menyusui Berpuasa, Ini 5 Tips Meningkatkan Produksi ASI Saat Puasa Ramadhan


Selasa, 05 Maret 2024 / 16:42 WIB
Ibu Menyusui Berpuasa, Ini 5 Tips Meningkatkan Produksi ASI Saat Puasa Ramadhan
ILUSTRASI. Ibu Menyusui Saat Berpuasa

Penulis: Virdita Ratriani

Tips Meningkatkan Produksi ASI - Ibu menyusui diperbolehkan untuk berpuasa dengan sejumlah kondisi. Untuk itu, bagi ibu menyusui ada sejumlah tips meningkatkan produksi air susu ibu (ASI) saat berpuasa Ramadan. 

Namun, perlu diketahui bahwa sebenarnya ibu menyusui diberikan kelonggaran untuk tidak berpuasa dan menggantinya di lain waktu atau membayar fidyah sesuai banyak hari yang ditinggalkan.

Pasalnya, dikhawatirkan puasa dapat mempengaruhi produksi ASI pada wanita menyusui. Hal ini karena kondisi kesehatan secara keseluruhan, dan status gizi mempengaruhi produksi ASI.

Tetapi, bagi ibu menyusui yang tetap ingin berpuasa, berikut terdapat sejumlah tips untuk membantu meningkatkan produksi ASI selama Ramadhan. 

Baca Juga: 8 Cara Memperbanyak ASI yang Penting Diketahui, Apa Saja?

Tips meningkatkan produksi ASI saat berpuasa 

Cara Meningkatkan Produksi ASI Saat Berpuasa

Berikut beberapa tips untuk membantu meningkatkan produksi ASI selama Ramadhan seperti dikutip dari laman Saudi German Health:

1. Konsumsi suplemen herbal 

Salah satu cara meningkatkan produksi ASI saat berpuasa yakni dengan mengonsumsi suplemen herbal yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui selama Ramadhan.

Saat ini ada banyak suplemen herbal yang bisa membantu meningkatkan ASI dan aman dikonsumsi. Selain itu, ibu menyusui atau busui juga bisa berkonsultasi kepada ahli laktasi jika ingin mengonsumsi suplemen herbal penambah produksi ASI. 

Baca Juga: Ini 7 Sumber Vitamin A untuk Bayi beserta Manfaat Kesehatan

2. Konsumsi makanan yang merangsang produksi ASI

Busui juga wajib mengonsumsi makanan yang dapat merangsang produksi ASI diantaranya daun katuk, daun kelor, daun pepaya, bayam, dan kurma saat sahur dan buka puasa. 

3. Tingkatkan jumlah asupan cairan 

Kompsisi air dalam ASI dapat mencapai 90% sehingga penting bagi ibu menyusui untuk memperbanyak jumlah asupan cairan saat buka puasa dan sahur. Jumlah asupan cairan yang cukup juga bisa mencegah dehidrasi saat berpuasa. 

4. Konsumsi makanan yang kaya protein 

Makanan kaya protein seperti telur, ikan, unggas, daging sapi, dan produk olahan susu juga bisa merangsang produksi ASI. Terlebih, makanan kaya protein juga bisa meningkatkan kualitas ASI yang dibutuhkan oleh bayi. 

Baca Juga: 9 Makanan Pelancar ASI Paling Ampuh dan Alami untuk Ibu Menyusui

5. Batasi konsumsi minuman ringan dan minuman berkafein 

Saat berpuasa, ibu menyusui juga wajib menghindari mengonsumsi minuman ringan yang mengandung kafein. Pasalnya, kafein memiliki efek diuretik yang menyebabkan kehilangan air dan menurunkan produksi susu.

Demikian cara dan tips meningkatkan produksi ASI saat berpuasa bagi ibu menyusui. 

Jika terjadi kelelahan parah, hipotensi, atau kehilangan kesadaran, segera hentikan puasa dan dapatkan bantuan medis terkait puasa saat menyusui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

×