kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,55   2,12   0.24%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat Leci Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal yang Menarik


Senin, 18 Maret 2024 / 09:44 WIB
Manfaat Leci Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal yang Menarik
ILUSTRASI. Leci

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat leci untuk kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang menarik dan penting diketahui. Tidak hanya itu, manfaat leci juga bisa didapatkan dengan mudah jika dikonsumsi secara rutin.

Leci adalah buah eksotis yang memiliki rasa manis, segar, dan sangat populer di berbagai negara tropis, terutama di Asia Tenggara. 

Selain nikmat untuk disantap, leci juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Di dalam buah yang berkulit tipis ini terdapat sejumlah nutrisi penting yang dapat meningkatkan kesehatan Anda.

Baca Juga: Manfaat Lemon Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Luar Biasa

Melansir dari PharmEasy, Leci dapat membantu menghindari penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi dan aterosklerosis. Mengonsumsi buah leci juga dapat membantu Anda mengatur kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, berikut beberapa manfaat leci untuk kesehatan tubuh:

Kaya akan Antioksidan

Leci mengandung antioksidan kuat seperti vitamin C dan polifenol. Antioksidan membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan dini, kanker, dan berbagai penyakit kronis. Konsumsi leci secara teratur dapat membantu menjaga kulit yang sehat dan mencegah kerusakan sel.

Baca Juga: Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Penting Diketahui

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam leci juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ini membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit, serta mendukung proses penyembuhan luka.

Mendukung Kesehatan Jantung

Leci mengandung kalium yang membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran normal. Ini dapat mengurangi risiko hipertensi, penyakit jantung, dan stroke. Serat dalam leci juga membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam darah.

Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C dalam leci membantu memproduksi kolagen, protein yang penting untuk kesehatan kulit. Kandungan air yang tinggi dalam leci juga membantu menjaga kulit terhidrasi, memberikan tampilan segar dan bercahaya.

Baca Juga: Waspada 9 Penyebab Trigliserida Tinggi yang Luput Dari Perhatian

Meningkatkan Fungsi Otak

Kolin, yang ditemukan dalam leci, merupakan nutrisi yang penting untuk kesehatan otak. Ini dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan memori. Selain itu, kandungan vitamin B dalam leci juga mendukung kesehatan sistem saraf.

Menyokong Pencernaan yang Sehat

Serat dalam leci dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga membantu menjaga berat badan yang sehat dengan memberikan rasa kenyang lebih lama.

Mengurangi Risiko Kanker

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa leci mengandung senyawa yang dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker. Polifenol dalam leci telah dikaitkan dengan kemampuan melawan kanker usus.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Kulit Mangga Untuk Kesehatan

Baik Kesehatan Mata

Leci mengandung karotenoid, seperti lutein dan zeaksantin, yang dapat melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV dan penuaan mata terkait usia. Ini dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda.

Menyegarkan Nafas

Leci juga memiliki manfaat non-nutrisi. Mengunyah leci dapat membantu menyegarkan nafas dan mengatasi masalah bau mulut sementara.

Rendah Kalori dan Lemak

Leci adalah buah rendah kalori dan lemak, sehingga cocok untuk mereka yang ingin menjaga berat badan atau mengontrol asupan kalori harian.

Meskipun leci memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang moderat. Terlalu banyak leci bisa menyebabkan peningkatan kadar gula darah karena kandungan gulanya yang cukup tinggi. Jadi, pastikan untuk menikmati leci sebagai bagian dari pola makan yang seimbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

×