kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,93   -12,58   -1.37%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Kenali Manfaat Pakcoy Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Penting


Rabu, 13 Maret 2024 / 20:35 WIB
Kenali Manfaat Pakcoy Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Penting

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Pakcoy merupakan salah satu sayuran yang menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi dengan benar. Tidak hanya itu, manfaat pakcoy untuk kesehatan juga teruji secara klinis.

Pakcoy, atau dikenal juga dengan nama lain pak choy, bok choy, atau pok choy, adalah sayuran hijau yang berasal dari keluarga Brassicaceae. Sayuran ini populer di berbagai masakan Asia, terutama dalam masakan Tiongkok. 

Selain itu, pakcoy juga memiliki rasa yang khas dan kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan serta termasuk salah satu sayuran yang cukup banyak diminati.

Baca Juga: Cara Mengatasi dan Obat Darah Tinggi yang Ampuh, Coba 5 Bahan Alami Ini

Lantas apa manfaat pakcoy bagi kesehatan?

Melansir dari WebMD, selain renyah dan lezat pakcoy juga kaya akan serat, vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang menjadikannya tambahan yang bermanfaat untuk diet. Seperti sayuran berdaun hijau lainnya, pakcoy ini kaya akan antioksidan dan senyawa lain yang membantu meningkatkan kesehatan.

Berikut beberapa manfaat pakcoy untuk kesehatan:

Kaya akan Nutrisi

Pakcoy mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A, vitamin B-complex, kalsium, besi, fosfor, magnesium, potassium, dan serat. Nutrisi ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan memberikan energi.

Baca Juga: Enak untuk Buka Puasa, Ini 7 Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

Mendukung Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium, fosfor, dan vitamin K dalam pakcoy adalah nutrisi penting yang mendukung kesehatan tulang. Vitamin K membantu dalam penyerapan kalsium dan menjaga kepadatan tulang, yang dapat mencegah osteoporosis dan masalah tulang lainnya.

Menjaga Kesehatan Jantung

Pakcoy mengandung kalium yang membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Kalium membantu mengatur tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Serat yang terdapat dalam pakcoy juga membantu dalam mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang terdapat dalam pakcoy memiliki peran penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi cukup vitamin C dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

Baca Juga: Apa Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan? Catat 10 Hal Ini

Menyediakan Antioksidan

Pakcoy mengandung antioksidan seperti beta-karoten dan senyawa-senyawa sulfur. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan dapat membantu mencegah kanker dan penuaan dini.

Mendukung Pencernaan Sehat

Serat yang tinggi dalam pakcoy adalah alat penting untuk menjaga pencernaan yang sehat. Serat membantu mencegah sembelit, memperbaiki kesehatan usus, dan mendukung penyerapan nutrisi yang lebih baik.

Menyediakan Kadar Kalori Rendah

Pakcoy adalah pilihan yang baik untuk mereka yang ingin menjaga berat badan atau mengurangi asupan kalori. Sayuran ini rendah kalori, sehingga dapat dimasukkan dalam diet sehat untuk menjaga berat badan.

Baca Juga: Manfaat Buah Pala Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik

Mendukung Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A dalam pakcoy baik untuk kesehatan kulit. Vitamin A membantu menjaga kelembaban kulit dan mencegah masalah kulit seperti jerawat dan keriput.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan kalium dalam pakcoy membantu dalam mengendalikan tekanan darah tinggi. Diet kaya kalium dapat membantu mengurangi risiko hipertensi.

Mendukung Kesehatan Mata

Vitamin A dalam pakcoy juga penting untuk kesehatan mata. Ini membantu dalam menjaga penglihatan yang baik dan mencegah masalah mata seperti degenerasi makula.

Meskipun pakcoy memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa, penting untuk mengonsumsinya sebagai bagian dari diet seimbang. Dengan cara ini, Anda dapat mendapatkan manfaat terbaik untuk kesehatan Anda. Selain itu, selalu pastikan untuk mencuci pakcoy sebelum mengonsumsinya untuk menghindari kontaminasi bakteri atau pestisida.

Pakcoy adalah tambahan yang lezat dan bergizi untuk hidangan Anda yang dapat membantu Anda menjaga kesehatan secara menyeluruh. Dengan mengintegrasikan pakcoy dalam menu sehari-hari Anda, Anda dapat mendukung kesehatan tubuh Anda dan mencegah berbagai masalah kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×