kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,38   -16,17   -1.78%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Cara Mengatasi dan Obat Darah Tinggi yang Ampuh, Coba 5 Bahan Alami Ini


Rabu, 13 Maret 2024 / 11:08 WIB
Cara Mengatasi dan Obat Darah Tinggi yang Ampuh, Coba 5 Bahan Alami Ini
ILUSTRASI. Tekanan darah tinggi

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak alternatif obat darah tinggi yang tidak kalah ampuh dan efektif. Salah satunya, dengan mengkonsumsi obat darah tinggi alami yang baik untuk tubuh.

Darah tinggi, atau hipertensi, adalah masalah kesehatan yang umum di seluruh dunia dan dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan serius lainnya.

Sementara obat-obatan resep seringkali digunakan untuk mengendalikan tekanan darah tinggi, banyak orang juga mencari alternatif alami untuk mengurangi risiko dan mendukung kesehatan kardiovaskular mereka.

Baca Juga: Simak Manfaat Delima Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Penting

Selain itu, melansir dari Medical News Today cara menurunkan darah tinggi adalah dengan rutin berolahraga, mengatur berat badan, dan melakukan perubahan pola makan.

Berikut beberapa obat darah tinggi alami di antaranya:

Bawang Putih

Bawang putih telah lama dikenal sebagai obat alami untuk hipertensi. Bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga membantu menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Ini Makanan Bagi Penderita Diabetes, Ada 7 yang Aman Dikonsumsi

Daun Teh Hijau

Teh hijau mengandung senyawa polifenol yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG), yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Minum teh hijau secara teratur dapat membantu mengurangi tekanan darah.

Kubis

Kubis kaya akan nitrat, yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Mengonsumsi kubis mentah atau dalam bentuk jus dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Peterseli

Peterseli mengandung senyawa flavonoid yang disebut apigenin, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara mengendurkan pembuluh darah.

Baca Juga: Rekomendasi Obat Sembelit Alami, Ada 8 yang Aman Dikonsumsi

Bit

Bit atau beetroot mengandung nitrat alami yang dapat membantu meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi jus bit atau bit mentah dapat membantu.

Cara Mengatasi Darah Tinggi

Selain menggunakan tanaman herbal, perubahan gaya hidup juga dapat berkontribusi signifikan dalam mengendalikan tekanan darah. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi hipertensi secara alami:

Diet Seimbang

Konsumsi makanan yang rendah lemak jenuh, sodium, dan gula. Tingkatkan asupan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan kaya serat.

Olahraga Teratur

Berolahraga secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung, dan mengurangi berat badan.

Baca Juga: Cara Menggemukkan Badan yang Ampuh, Ada 5 Hal yang Perlu Dicoba

Kurangi Stress

Tekanan psikologis dapat memengaruhi tekanan darah. Luangkan waktu untuk bermeditasi, berolahraga, atau melakukan kegiatan yang meredakan stres.

Pantau Kadar Garam

Batasi konsumsi garam Anda, karena natrium dapat meningkatkan tekanan darah. Baca label makanan dengan seksama untuk menghindari makanan yang mengandung natrium berlebihan.

Hindari Alkohol dan Merokok

Menghindari alkohol dan merokok adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko hipertensi.

Mantau Berat Badan Ideal

Kegemukan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Menurunkan berat badan dengan pola makan sehat dan olahraga teratur dapat membantu.

Baca Juga: 7 Manfaat Air Es Untuk Kesehatan, Cocok Diminum Saat Buka Puasa

Rutin Cek Kesehatan

Terakhir, penting untuk menjalani pemeriksaan kesehatan secara berkala dan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk memantau tekanan darah dan kesehatan jantung Anda.

Penting untuk diingat bahwa sebelum memulai regimen pengobatan alami apa pun, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan terlebih dahulu, terutama jika Anda telah menerima diagnosis hipertensi. Mereka dapat memberikan panduan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Dengan perubahan gaya hidup yang tepat dan penggunaan tanaman herbal yang bijaksana, Anda dapat membantu mengelola tekanan darah Anda dan mempromosikan kesehatan jantung yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×