kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat Buah Pala Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik


Rabu, 13 Maret 2024 / 10:12 WIB
Manfaat Buah Pala Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik
ILUSTRASI. Pala

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah pala untuk kesehatan tubuh cukup menarik perhatian. Tidak hanya itu, manfaat buah pala juga teruji khasiatnya jika dikonsumsi dan diolah dengan benar.

Buah pala, yang juga dikenal dengan nama Latin Myristica fragrans, adalah buah yang tumbuh di pohon pala. Buah ini telah lama digunakan dalam berbagai masakan dan obat-obatan tradisional. 

Selain memberikan aroma dan rasa yang khas pada hidangan, buah pala juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang menarik.

Baca Juga: Simak Manfaat Delima Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Penting

Melansir dari NCBI, Secara medis pala dikenal karena sifat anti-inflamasi dan anti-trombotiknya, serta sifat anti-rematik, karminatif, dan stimulannya. Pada kehamilan dan menyusui, pala digunakan dalam praktek pengobatan tradisional untuk pengobatan antenatal dan postnatal.

Berikut beberapa manfaat buah pala untuk kesehatan tubuh:

Sumber Nutrisi yang Kaya

Buah pala mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin C, vitamin A, vitamin K, dan sejumlah mineral seperti magnesium, kalsium, dan zat besi. Buah pala juga mengandung serat, protein, dan lemak sehat. Nutrisi-nutrisi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: Ini Makanan Bagi Penderita Diabetes, Ada 7 yang Aman Dikonsumsi

Antioksidan Kuat

Buah pala mengandung senyawa antioksidan seperti miristicin, elemicin, dan eugenol. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan mengonsumsi buah pala, Anda dapat membantu mencegah penyakit dan proses penuaan dini yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Mendukung Kesehatan Jantung

Kandungan senyawa anti-inflamasi dalam buah pala dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung. Selain itu, buah pala juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan jantung Anda.

Baca Juga: Rekomendasi Obat Sembelit Alami, Ada 8 yang Aman Dikonsumsi

Mengurangi Risiko Diabetes

Buah pala mengandung senyawa yang dapat membantu mengatur kadar gula darah, sehingga dapat menjadi pilihan makanan yang baik untuk pencegahan diabetes tipe 2. Ini juga dapat membantu mengurangi risiko resistensi insulin.

Mendukung Kesehatan Otak

Senyawa-senyawa dalam buah pala, seperti miristicin, telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan otak. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah pala dapat meningkatkan daya ingat, kognisi, dan melindungi otak dari penyakit degeneratif seperti Alzheimer.

Efek Anti-Mikroba

Eugenol, senyawa yang ditemukan dalam buah pala, memiliki sifat antimikroba. Hal ini dapat membantu melawan infeksi bakteri dan jamur dalam tubuh. Oleh karena itu, buah pala dapat berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

Baca Juga: Cara Menggemukkan Badan yang Ampuh, Ada 5 Hal yang Perlu Dicoba

Menyediakan Nutrisi Penting Selama Kehamilan

Buah pala memiliki manfaat khusus bagi wanita hamil. Kandungan nutrisinya, terutama asam folat, membantu dalam perkembangan janin dan mencegah cacat lahir. Namun, konsumsi buah pala harus dilakukan dalam jumlah yang wajar selama kehamilan.

Meskipun buah pala memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa, perlu diingat bahwa konsumsinya harus tetap seimbang. Terlalu banyak buah pala bisa menjadi berbahaya, karena bisa menyebabkan keracunan. Dianjurkan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar sebagai bagian dari diet seimbang.

Sebelum menambahkan buah pala atau suplemen pala ke dalam diet Anda, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan. Dengan mengintegrasikan buah pala dengan bijak ke dalam pola makan sehat Anda, Anda dapat merasakan manfaat kesehatan tubuh yang ditawarkannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×