kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat Anggur Hijau Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi, Tahu?


Rabu, 13 Maret 2024 / 15:45 WIB
Manfaat Anggur Hijau Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi, Tahu?
ILUSTRASI. Anggur hijau

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Anggur Hijau - Anggur hijau adalah salah satu buah yang menyimpan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Tak hanya itu, manfaat anggur hijau juga teruji khasiatnya jika dikonsumsi secara rutin.

Anggur hijau, juga dikenal sebagai varietas anggur putih, adalah buah yang telah lama dikonsumsi manusia dan dikenal dengan rasa manisnya yang lezat. 

Selain menjadi camilan yang enak, anggur hijau memiliki beragam manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: Enak untuk Buka Puasa, Ini 7 Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

Melansir dari WebMD, anggur hijau kaya akan potasium dan serat, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan mengatur sistem kardiovaskular Anda.

Selain itu, berikut beberapa manfaat anggur hijau untuk kesehatan:

Kandungan Antioksidan Tinggi

Anggur hijau mengandung antioksidan tinggi, terutama resveratrol. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada perkembangan penyakit serius seperti kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan resveratrol dalam anggur hijau telah terbukti dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Resveratrol dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan mengurangi risiko pembentukan plak di arteri. Ini juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Cara Mengatasi dan Obat Darah Tinggi yang Ampuh, Coba 5 Bahan Alami Ini

Membantu Menjaga Berat Badan yang Sehat

Anggur hijau adalah camilan rendah kalori yang kaya serat. Serat membantu membuat perasaan kenyang lebih lama, yang dapat membantu dalam pengendalian berat badan. Selain itu, resveratrol dalam anggur hijau dapat membantu mengaktifkan protein dalam tubuh yang mempengaruhi metabolisme dan pengaturan berat badan.

Mendukung Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam anggur hijau membantu meningkatkan kesehatan kulit. Vitamin C adalah antioksidan yang membantu melawan penuaan kulit, merangsang produksi kolagen, dan mengurangi keriput. Anggur hijau juga dapat digunakan dalam produk perawatan kulit untuk manfaat yang lebih langsung.

Baca Juga: Apa Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan? Catat 10 Hal Ini

Menjaga Kesehatan Otak

Resveratrol, yang hadir dalam anggur hijau, telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan otak. Penelitian telah menunjukkan bahwa resveratrol dapat membantu melindungi sel-sel saraf dan meningkatkan fungsi otak. Ini dapat membantu mengurangi risiko perkembangan penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer dan Parkinson.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan zat seperti lutein dan zeaxanthin dalam anggur hijau memiliki manfaat untuk kesehatan mata. Kedua zat ini membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV dan dapat mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C, yang melimpah dalam anggur hijau, dikenal sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi anggur hijau secara teratur, Anda dapat membantu tubuh Anda melawan infeksi dan penyakit.

Baca Juga: Manfaat Buah Pala Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik

Menyokong Pencernaan yang Sehat

Serat dalam anggur hijau membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit. Makanan yang kaya serat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda.

Mengurangi Risiko Kanker

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa konsumsi anggur hijau dan resveratrol dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, terutama kanker usus besar dan payudara.

Menyediakan Energi Alami

Anggur hijau mengandung gula alami, yang dapat memberikan energi alami tanpa perlu mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi gula tambahan.

Meskipun anggur hijau memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang sesuai, karena buah ini juga mengandung gula alami. Sebaiknya Anda mengonsumsi anggur hijau sebagai bagian dari pola makan yang seimbang.

Dengan segudang manfaat kesehatan yang dimilikinya, anggur hijau adalah pilihan camilan yang cerdas. Menggabungkan buah ini ke dalam pola makan Anda dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan memberikan sensasi rasa yang segar dan lezat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×