kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan, Ada 8 Hal yang Penting Diketahui


Selasa, 05 Maret 2024 / 09:44 WIB
Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan, Ada 8 Hal yang Penting Diketahui
ILUSTRASI. Alpukat

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang penting diketahui. Selain itu, manfaat buah alpukat juga tidak perlu lagi diragukan khasiatnya.

Tidak berhenti disitu, buah alpukat juga memiliki rasa yang khas dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman.

Buah alpukat, atau Persea americana adalah salah satu jenis buah yang semakin populer di seluruh dunia karena kandungan nutrisinya yang kaya dan berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkannya.

Baca Juga: Kulit Pisang Punya Manfaat Bagi Kesehatan? Ada 6 Hal yang Menarik Diketahui

Melansir dari Medical News Today, buah alpukat mengandung berbagai macam nutrisi. Manfaat kesehatan dari konsumsi alpukat mungkin termasuk meningkatkan pencernaan, menurunkan risiko depresi, dan mencegah pengeroposan tulang.

Alpukat sering dijuluki "superfood" karena beragam nutrisi penting yang terkandung dalam dagingnya, termasuk lemak sehat, serat, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Berikut beberapa manfaat buah alpukat yang menarik diketahui:

Mengandung Banyak Nutrisi

Buah alpukat mengandung berbagai nutrisi penting. Alpukat dikenal kaya akan lemak sehat, terutama asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fats) yang baik untuk jantung. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin C, vitamin K, vitamin E, vitamin B6, folat, dan kalium. Ini membuat alpukat menjadi pilihan makanan yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda.

Baca Juga: 6 Obat Gula Darah Tinggi Alami yang Aman Dikonsumsi, Sudah Coba?

Menjaga Kesehatan Jantung

Lemak sehat yang terdapat dalam alpukat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah, sehingga membantu melindungi kesehatan jantung Anda. Kandungan kalium dalam alpukat juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Mendukung Kesehatan Otak

Alpukat mengandung vitamin K dan folat, dua nutrisi yang penting untuk kesehatan otak. Vitamin K berperan dalam melindungi sel-sel saraf, sedangkan folat dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif. Konsumsi alpukat secara teratur dapat mendukung kesehatan otak dan mengurangi risiko masalah kognitif.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Mangga Muda Bagi Kesehatan yang Tidak Teruga

Membantu Pencernaan

Buah alpukat juga mengandung serat makanan yang tinggi, yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu mengatur pergerakan usus, mencegah sembelit, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi alpukat, Anda dapat menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat.

Manfaat Kulit yang Luar Biasa

Kandungan vitamin E dan C dalam alpukat dapat membantu menjaga kulit Anda tetap sehat dan berkilau. Antioksidan dalam alpukat juga melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polusi lingkungan. Anda bahkan dapat menggunakan alpukat sebagai masker wajah alami untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat.

Baca Juga: Apa Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan? Ada 8 Hal yang Menarik

Menjaga Berat Badan yang Seimbang

Meskipun alpukat memiliki lemak, jenis lemaknya yang sehat dan seratnya dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Ini dapat membantu mengontrol nafsu makan Anda dan mendukung usaha penurunan berat badan. Alpukat juga mengandung kalori yang relatif rendah jika dibandingkan dengan manfaat nutrisi yang diberikannya.

Mendukung Kesehatan Mata

Alpukat mengandung lutein dan zeaksantin, dua jenis antioksidan yang penting untuk kesehatan mata. Mereka dapat melindungi mata Anda dari kerusakan akibat radiasi UV dan membantu mencegah masalah mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Baca Juga: 7 Manfaat Petai Cina Jika Dikonsumsi dengan Benar, Banyak Khasiatnya!

Mendukung Kesehatan Tulang

Alpukat mengandung vitamin K, folat, dan mineral seperti tembaga dan magnesium, yang semuanya berperan penting dalam kesehatan tulang. Vitamin K, misalnya, membantu dalam penyerapan kalsium dan pembentukan tulang yang kuat.

Penting untuk diingat bahwa meskipun alpukat memiliki banyak manfaat kesehatan, Anda harus mengonsumsinya dengan bijak. Kandungan lemak alpukat cukup tinggi, jadi mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar adalah kunci. Buah alpukat dapat dimasukkan ke dalam berbagai hidangan, seperti salad, smoothie, atau bahkan digunakan sebagai pengganti mentega dalam hidangan Anda.

Dalam keseluruhan, alpukat adalah tambahan yang lezat dan bergizi untuk diet Anda yang dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh Anda. Dengan mengonsumsinya secara teratur, Anda dapat membantu menjaga kesehatan jantung, otak, kulit, dan masih banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×