kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,55   2,12   0.24%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Simak Manfaat Delima Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Penting


Selasa, 12 Maret 2024 / 13:15 WIB
Simak Manfaat Delima Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Penting
ILUSTRASI. Delima

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Delima  - Manfaat delima untuk kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang penting dan menarik diketahui. Pasalnya,  mengkonsumsi delima secara rutin bisa memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Buah delima, dengan kulitnya yang merah cerah dan bijinya yang penuh rasa manis, telah dikenal sebagai simbol keabadian dan kesehatan dalam budaya berbagai bangsa sepanjang sejarah. 

Tidak hanya enak untuk dinikmati, delima juga mengandung sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: Ini Makanan Bagi Penderita Diabetes, Ada 7 yang Aman Dikonsumsi

Melansir dari WebMD, Buah delima memiliki antioksidan hingga tiga kali lebih banyak dibandingkan teh hijau atau anggur merah. Antioksidan melindungi sel-sel kita dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi peradangan. Penelitian menunjukkan bahwa buah delima dapat membantu melindungi jantung Anda dengan berbagai cara, seperti menurunkan tekanan darah serta kadar gula darah.

Selain itu, berikut beberapa manfaat delima yang menakjubkan bagi tubuh kita.

Penuh Antioksidan

Delima kaya akan antioksidan kuat, terutama punicalagins dan antosianin. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas, yang dapat merusak sel-sel tubuh dan berkontribusi pada berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Mengonsumsi delima secara teratur dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif.

Baca Juga: Rekomendasi Obat Sembelit Alami, Ada 8 yang Aman Dikonsumsi

Mendukung Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi rutin jus delima dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidan dalam delima juga membantu menjaga kolesterol dalam darah agar tetap dalam kisaran yang sehat.

Menyehatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam delima membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C adalah nutrisi penting yang membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit. Delima juga mengandung zat besi, yang mendukung produksi sel darah merah, sehingga mencegah anemia.

Membantu Menurunkan Risiko Kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak delima dapat membantu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, khususnya pada kanker prostat dan kanker payudara. Antioksidan dalam buah ini juga dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel yang dapat memicu perkembangan kanker.

Baca Juga: Cara Menggemukkan Badan yang Ampuh, Ada 5 Hal yang Perlu Dicoba

Menjaga Kesehatan Otak

Komponen-komponen dalam delima telah terbukti memiliki efek neuroprotektif, yang berarti dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Ini dapat membantu melawan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

Mendukung Pencernaan Sehat

Serat dalam delima membantu dalam pencernaan yang sehat. Delima juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meredakan gejala penyakit radang usus, seperti penyakit Crohn dan colitis ulseratif.

Menjaga Kulit Sehat

Delima mengandung vitamin C dan antioksidan lainnya yang membantu melawan penuaan kulit dan mengurangi kerusakan dari sinar matahari dan polusi udara. Ini dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan berseri.

Baca Juga: 7 Manfaat Air Es Untuk Kesehatan, Cocok Diminum Saat Buka Puasa

Menyokong Kesehatan Gigi

Antioksidan dalam delima juga dapat membantu melawan pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit gusi dan kerusakan gigi. Delima juga mengandung fluoride alami, yang membantu menjaga email gigi kuat.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam delima penting untuk kesehatan mata. Ini dapat membantu mencegah gangguan mata seperti degenerasi makula dan katarak.

Baca Juga: Kerap Dijadikan Takjil, Ini 6 Manfaat Biji Selasih Bagi Kesehatan

Mengurangi Peradangan

Khasiat antiinflamasi delima telah terbukti mengurangi peradangan pada tubuh. Ini dapat membantu dalam pengelolaan penyakit seperti arthritis dan penyakit autoimun.

Namun, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau alergi, sebaiknya konsultasikan dengan profesional medis sebelum mengonsumsi delima dalam jumlah besar. Dengan demikian, delima tidak hanya akan memberikan cita rasa yang lezat tetapi juga akan menjaga tubuh Anda tetap sehat dan bugar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

×