kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Cocok Jadi Takjil, Ini 10 Manfaat Jeruk Mandarin Untuk Kesehatan


Jumat, 22 Maret 2024 / 13:52 WIB
Cocok Jadi Takjil, Ini 10 Manfaat Jeruk Mandarin Untuk Kesehatan
ILUSTRASI. Jeruk mandarin

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Jeruk Mandarin  - Manfaat jeruk mandarin untuk kesehatan bisa didapatkan dengan mudah jika dikonsumsi secara rutin dan teruji khasiatnya. Tidak hanya itu, jeruk mandarin juga cocok dijadikan takjil untuk buka puasa karena bisa menyegarkan.

Jeruk mandarin adalah salah satu jenis buah jeruk yang populer di seluruh dunia. Dikenal dengan kulitnya yang mudah dikupas dan rasanya yang segar, jeruk mandarin bukan hanya lezat, tetapi juga kaya manfaat bagi kesehatan.

Lantas apa saja manfaat jeruk mandari tersebut?

Baca Juga: Punya Banyak Nutrisi, Ini 7 Manfaat Biji Pala Untuk Kesehatan

Melansir dari WebMD, jeruk mandarin tidak hanya manis dan mudah disiapkan, tetapi juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Selain itu, berikut beberapa manfaat jeruk mandarin untuk kesehatan yang menarik diketahui di antaranya:

Kaya akan Vitamin C

Jeruk mandarin mengandung jumlah vitamin C yang cukup tinggi, yang dikenal sebagai antioksidan kuat. Vitamin C berperan penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh, melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, dan membantu tubuh dalam penyerapan zat besi. Konsumsi jeruk mandarin secara rutin dapat membantu mencegah penyakit-penyakit seperti flu, pilek, dan infeksi lainnya.

Baca Juga: Manfaat Blueberry Untuk Kesehatan, Ada 9 Hal Menarik

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jeruk mandarin rendah kalori dan lemak, sehingga cocok sebagai bagian dari diet sehat. Kandungan seratnya membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, jeruk mandarin mengandung kalium, mineral yang mendukung tekanan darah yang sehat.

Mendukung Pencernaan

Serat dalam jeruk mandarin membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit. Konsumsi makanan tinggi serat seperti jeruk mandarin dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah masalah pencernaan.

Menyediakan Antioksidan Alami

Selain vitamin C, jeruk mandarin mengandung senyawa-senyawa antioksidan lainnya seperti beta-karoten dan flavonoid. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif, yang dapat berkontribusi pada penuaan dini dan perkembangan berbagai penyakit.

Baca Juga: Cocok Jadi Takjil, Ini 9 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan

Menjaga Berat Badan yang Sehat

Jeruk mandarin adalah pilihan camilan sehat karena rendah kalori dan mengandung serat. Camilan yang sehat seperti ini dapat membantu menjaga berat badan yang seimbang, sehingga dapat mendukung kesehatan keseluruhan.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam jeruk mandarin membantu merangsang produksi kolagen, yang penting untuk kesehatan kulit. Konsumsi jeruk mandarin secara rutin dapat membantu mengurangi keriput dan menjaga kulit tetap segar dan bercahaya.

Membantu Manajemen Diabetes

Jeruk mandarin memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti bahwa mereka tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang besar setelah dikonsumsi. Ini menjadikannya pilihan yang baik untuk individu dengan diabetes atau yang berisiko mengembangkan penyakit ini.

Baca Juga: Manfaat Kubis Merah Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik

Mendukung Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam jeruk mandarin membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah masalah penglihatan. Vitamin A penting untuk fungsi retina dan menjaga mata tetap sehat.

Menyediakan Nutrisi Esensial

Selain vitamin C dan A, jeruk mandarin juga mengandung vitamin B kompleks, seperti tiamin dan folat, serta mineral seperti magnesium dan kalium, yang semuanya penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Meningkatkan Mood

Aroma segar dari jeruk mandarin telah terbukti dapat meningkatkan mood dan mengurangi stres. Mengonsumsi jeruk mandarin atau menggunakan minyak esensial jeruk mandarin dalam aromaterapi dapat membantu meredakan kegelisahan dan meningkatkan rasa bahagia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×