kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Manfaat Jus Buah Naga Bagi Kesehatan, Cocok Untuk Menu Buka Puasa


Rabu, 13 Maret 2024 / 15:44 WIB
Manfaat Jus Buah Naga Bagi Kesehatan, Cocok Untuk Menu Buka Puasa
ILUSTRASI. Jus buah naga

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Jus Buah Naga  - Mengkonsumsi jus buah naga secara rutin bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Selain itu, manfaat jus buah naga juga telah teruji khasiatnya dan cocok untuk dijadikan menu buka puasa.

Pasalnya, jus buah naga memiliki rasa yang lezat dan menyegarkan. Sehingga cocok dikonsumsi saat berbuka puasa setelah seharian berpuasa.

Buah naga, juga dikenal sebagai pitaya, adalah buah eksotis yang berasal dari Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Asia. Buah ini memiliki bentuk menarik dengan kulit berdaging dan daging yang berwarna merah atau putih. 

Baca Juga: Enak untuk Buka Puasa, Ini 7 Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

Salah satu cara yang populer untuk menikmati manfaat kesehatan dari buah naga adalah dengan membuat jus segar. Jus buah naga tidak hanya segar dan lezat, tetapi juga memiliki beragam manfaat kesehatan.

Melansir dari WebMD, jus buah naga mengandung serat dalam jumlah tinggi yang menjaga kadar gula darah dan menghindari lonjakan pada penderita diabetes. Sehingga mengkonsumsinya dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah dan mencegah konsekuensi medis lebih lanjut pada penderita diabetes.

Selain itu, berikut beberapa manfaat jus buah naga untuk kesehatan di antaranya:

Kaya Akan Nutrisi Penting

Jus buah naga adalah sumber nutrisi yang kaya. Ini mengandung sejumlah vitamin dan mineral esensial seperti vitamin C, vitamin B, zat besi, kalsium, fosfor, dan serat. Vitamin C yang tinggi dalam jus buah naga adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

Baca Juga: Cara Mengatasi dan Obat Darah Tinggi yang Ampuh, Coba 5 Bahan Alami Ini

Mendukung Kesehatan Jantung

Jus buah naga rendah lemak jenuh dan kolesterol, sehingga baik untuk kesehatan jantung. Kandungan seratnya membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Selain itu, potasium dalam jus buah naga dapat membantu mengatur tekanan darah Anda.

Meningkatkan Pencernaan

Serat dalam jus buah naga membantu meningkatkan pencernaan Anda. Ini dapat membantu mencegah sembelit dan mendukung kesehatan usus. Selain itu, buah naga mengandung enzim bromelain, yang membantu dalam pemecahan protein dan pencernaan.

Menyokong Manajemen Berat Badan

Jus buah naga adalah pilihan yang baik bagi mereka yang ingin menjaga berat badan yang sehat. Ini rendah kalori, tetapi tinggi serat dan nutrisi. Serat membantu membuat Anda merasa kenyang lebih lama, yang dapat membantu mengurangi nafsu makan berlebihan dan mendukung manajemen berat badan yang sehat.

Baca Juga: Apa Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan? Catat 10 Hal Ini

Menyediakan Antioksidan

Antioksidan dalam jus buah naga, terutama vitamin C, membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas. Ini dapat membantu memperlambat penuaan sel dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam jus buah naga membantu merangsang produksi kolagen, yang diperlukan untuk kulit yang sehat dan berkilau. Kolagen membantu mengurangi keriput dan menjaga kulit tetap kencang.

Membantu Mengontrol Gula Darah

Meskipun manis, buah naga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga aman untuk orang dengan diabetes. Serat dalam buah naga membantu mengontrol penyerapan gula dalam darah dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Baca Juga: Manfaat Buah Pala Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik

Mendukung Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium dan fosfor dalam jus buah naga penting untuk kesehatan tulang yang baik. Ini dapat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga kekuatan tulang Anda.

Meningkatkan Energi

Kandungan vitamin B dalam jus buah naga berperan penting dalam metabolisme energi. Ini dapat membantu meningkatkan tingkat energi dan mengurangi kelelahan.

Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dan antioksidan dalam buah naga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Ini dapat membantu melindungi tubuh Anda dari infeksi dan penyakit.

Dalam rangka memaksimalkan manfaat kesehatan jus buah naga, pastikan untuk memasukkan buah ini dalam pola makan seimbang Anda. Anda dapat menikmati jus buah naga sebagai minuman segar atau menambahkannya ke smoothie. Ingatlah untuk selalu memeriksa dengan dokter Anda sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×