kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,58   -2,96   -0.33%
  • EMAS1.324.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Banyak Khasiatnya, Ini Manfaat Buah Kecapi Untuk Kesehatan


Jumat, 15 Maret 2024 / 10:32 WIB
Banyak Khasiatnya, Ini Manfaat Buah Kecapi Untuk Kesehatan
ILUSTRASI. Manfaat buah kecapi untuk kesehatan.

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Buah kecapi adalah salah satu jenis buah yang menyimpan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Namun, untuk bisa mendapatkan manfaat buah kecapi tersebut Anda perlu mengetahui takaran mengkonsumsi buah tersebut.

Buah Kecapi, juga dikenal dengan nama ilmiahnya, Chrysophyllum cainito, adalah buah tropis yang tumbuh di berbagai wilayah di dunia, terutama di Amerika Tengah dan Selatan, serta beberapa negara Asia Tenggara. 

Buah kecapi juga memiliki bentuk yang unik, dengan kulit berwarna ungu atau hijau gelap dan daging putih yang lembut. Selain rasa yang lezat, buah kecapi juga dikenal memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang penting. 

Baca Juga: Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Penting

Melansir dari WebMD, buah kecapi dikenal sebagai antioksidan alami. Buah ini juga mengandung banyak antimikroba yang melindungi Anda dari infeksi dan digunakan untuk mengobati trombosis serta senyawa sitotoksik yang membunuh sel berbahaya, termasuk sel kanker.

Selain itu, berikut beberapa manfaat buah kecapi untuk kesehatan tubuh:

Kaya akan Nutrisi

Buah kecapi mengandung beragam nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B, dan serat makanan. Vitamin C adalah antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin A baik untuk kesehatan mata dan kulit, sementara serat makanan membantu menjaga pencernaan yang sehat.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi, Ada 7 Hal yang Ampuh

Mengatur Tekanan Darah

Buah kecapi mengandung kalium, mineral yang membantu dalam mengatur tekanan darah. Dengan mengonsumsi makanan kaya kalium seperti buah kecapi, Anda dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Antioksidan Alami

Buah kecapi mengandung senyawa antioksidan, seperti fitokimia dan polifenol, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh dan berkontribusi pada penuaan dini serta berbagai penyakit kronis.

Menjaga Berat Badan yang Sehat

Kandungan serat buah kecapi membantu menjaga rasa kenyang lebih lama, sehingga Anda cenderung makan lebih sedikit. Ini dapat membantu dalam pengendalian berat badan dan mendukung program penurunan berat badan.

Baca Juga: 8 Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan, Banyak Khasiatnya!

Menurunkan Risiko Diabetes

Serat makanan dalam buah kecapi juga berperan penting dalam mengontrol kadar gula darah. Konsumsi makanan tinggi serat dapat membantu mencegah lonjakan gula darah, yang dapat membantu dalam mencegah diabetes tipe 2.

Kesehatan Kulit yang Lebih Baik

Kandungan vitamin A dalam buah kecapi membantu menjaga kesehatan kulit dengan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru. Antioksidan dalam buah ini juga melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

Kesehatan Jantung yang Lebih Baik

Kalium dalam buah kecapi membantu menjaga tekanan darah yang sehat dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, senyawa antioksidan dalam buah ini juga dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Baca Juga: Tidak Hanya Sunnah, Ini Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi

Mendukung Sistem Pencernaan

Serat makanan dalam buah kecapi juga mendukung kesehatan sistem pencernaan. Makanan tinggi serat membantu mencegah sembelit dan menjaga pergerakan usus yang sehat.

Meskipun buah kecapi memiliki banyak manfaat kesehatan, perlu diingat bahwa konsumsi dalam jumlah yang wajar adalah kunci untuk mendapatkan manfaat optimal. Selain itu, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau alergi terhadap buah-buahan tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan buah kecapi ke dalam diet Anda. Dengan menjaga pola makan yang seimbang dan aktif secara fisik, Anda dapat memanfaatkan manfaat kesehatan buah kecapi dan buah-buahan lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

×