kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,97   7,66   0.84%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Mengintip Manfaat Siwak Sebagai Penyegar Mulut Alami Bagi yang Berpuasa


Senin, 18 Maret 2024 / 12:19 WIB
Mengintip Manfaat Siwak Sebagai Penyegar Mulut Alami Bagi yang Berpuasa
ILUSTRASI. Mengintip Manfaat Siwak Sebagai Penyegar Mulut Alami Bagi yang Berpuasa

Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - Manfaat siwak telah membuatnya menjadi salah satu alternatif alat pembesih mulut dan gigi, terutama bagi umat Muslim.

Siwak dipercaya mampu menjaga kesegaran mulut dan menjaga kesehatan gigi selama kita berpuasa di bulan Ramadan.

Penggunaan siwak adalah praktik kuno di Arab Saudi, Timur Tengah dan Afrika Utara, serta banyak negara Asia.

Di Arab Saudi, siwak biasanya bersumber dari pohon Salvadora persica L. Varietas ini juga ditemukan di Sudan, Mesir, dan Chad.

Baca Juga: Catat 8 Makanan Pengganti Nasi Putih untuk Sahur yang Menyehatkan

Riwayat Penggunaan Siwak dalam Islam

Penggunaan siwak bahkan diriwayatkan dalam sejumlah hadis. Abu Hurairah pernah meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: "Seandainya (karena takut) membebani umatku secara berlebihan, niscaya aku akan memerintahkan mereka untuk (menyikat gigi dengan) siwak setiap kali salat." (Shahih Muslim)

Bukan cuma itu, Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda pada suatu hari Jumat, "Wahai Jamaah Muslim, Allah telah menjadikan hari ini sebagai hari raya Idul Fitri, maka mandilah dan gosok gigimu dengan siwak." (Tabarani, Majma'uz-Zawaid)

Hingga saat ini umat Islam di seluruh dunia menggunakan siwak beberapa kali selama bulan Ramadan, yaitu sebelum tidur, saat sahur, saat wudhu, saat makan malam, sebelum membaca Al-Qur'an, saat melakukan perjalanan, dan setelah bangun tidur di pagi hari.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Maag Saat Puasa yang Patut Dicoba, Ampuh!

Manfaat Siwak untuk Kesehatan Mulut

Melansir Arab News, siwak telah mendapat pengakuan luas, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan penggunaan siwak untuk kebersihan mulut pada tahun 1986 dan 2000.

Kini semakin banyak bukti ilmiah bahwa ia memiliki khasiat obat, membantu melawan plak, gusi surut dan berdarah, kerusakan gigi, dan banyak lagi.

Sebuah studi yang dilakukan oleh panel dokter gigi di King Saud University mengatakan, proses mengunyah batang kayu siwak yang berulang-ulang mampu melepaskan getah segar dan silika (mineral keras mengkilap). Zat itu mampu bertindak sebagai bahan abrasif untuk menghilangkan noda.

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan, Cocok Dikonsumsi Saat Buka Puasa

Studi itu juga menemukan bahwa manfaat siwak sama, atau bahkan lebih besar, dibandingkan dengan penggunaan sikat gigi dan pasta gigi.

Penelitian tersebut mengidentifikasi 19 zat alami yang terdapat pada siwak yang bermanfaat bagi kesehatan gigi.

Beberapa di antaranya adalah antiseptik alami yang mampu membunuh mikroorganisme berbahaya di mulut, asam tanat yang mampu melindungi gusi dari penyakit, dan minyak aromatik yang mampu meningkatkan air liur sehingga mulut tidak kering selama berpuasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×