kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

7 Bahaya Konsumsi Kafein Berlebihan pada Tubuh yang Perlu Dkenali


Jumat, 26 April 2024 / 04:55 WIB
7 Bahaya Konsumsi Kafein Berlebihan pada Tubuh yang Perlu Dkenali
ILUSTRASI. Kopi kayu manis

Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pahami efek konsumsi kafein berlebihan bagi tubuh. Kafein adalah senyawa kimia yang ditemukan secara alami dalam biji kopi, daun teh, serta beberapa tanaman lainnya.

Jenis senyawa ini merupakan stimulan yang paling umum dikonsumsi di seluruh dunia. Kafein memiliki efek merangsang pada sistem saraf pusat, yang dapat meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan fokus, dan mengurangi kelelahan.

Dengan efeknya, banyak orang mengonsumsi kafein untuk membantu tetap terjaga dan fokus, terutama ketika mereka merasa mengantuk atau lelah.

Selain itu, kafein juga ditemukan dalam minuman berenergi dan beberapa jenis obat-obatan.

Baca Juga: Cek Detak Jantung Normal Berdasarkan Usia Menurut Kemenkes

Bahaya konsumsi kafein berlebihan

Kafein

Sebagian besar jenis minuman mengandung kafein, zat yang dapat meningkatkan suasana hati, metabolisme, serta kinerja mental dan fisik Anda.

Studi juga telah menunjukkan bahwa kafein aman bagi sebagian besar orang ketika dikonsumsi dalam jumlah rendah hingga sedang.

Namun, dosis tinggi kafein dapat memiliki efek samping yang tidak menyenangkan bahkan berbahaya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa gen Anda memiliki pengaruh besar terhadap toleransi terhadap kafein. Beberapa orang dapat mengonsumsi lebih banyak kafein daripada yang lain tanpa mengalami efek negatif.

Lebih lanjut, individu yang tidak terbiasa dengan kafein mungkin mengalami gejala setelah mengonsumsi dosis yang umumnya dianggap sebagai dosis sedang.

Baca Juga: Makanan dan Minuman yang Wajib Dihindari Penderita Asam Lambung dan Gerd

Konsumsi kafein yang berlebihan dapat memiliki beberapa dampak negatif pada kesehatan, informasi berikut dilansir dari laman Healthlline.

1. Gangguan tidur

Kafein dapat mengganggu pola tidur dan menyebabkan sulit tidur atau insomnia, terutama jika dikonsumsi terlalu dekat dengan waktu tidur.

2. Ketergantungan

Konsumsi kafein secara teratur dapat menyebabkan ketergantungan psikologis, di mana seseorang mungkin merasa sulit untuk berfungsi tanpa kafein setiap hari.

3. Efek samping jantung

Kafein dalam jumlah besar dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah, yang mungkin berisiko bagi individu dengan masalah jantung yang sudah ada.

4. Gangguan pencernaan

Kafein dapat menyebabkan iritasi lambung pada beberapa individu, menyebabkan gangguan pencernaan seperti mulas atau refluks asam.

5. Kecemasan dan ketegangan

Kafein dapat meningkatkan gejala kecemasan atau ketegangan pada beberapa orang, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

6. Ketidakseimbangan elektrolit

Konsumsi kafein yang berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi, karena kafein memiliki efek diuretik yang meningkatkan frekuensi buang air kecil. Ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh.

7. Peningkatan risiko kecelakaan

Kafein dapat menyebabkan kewaspadaan berlebihan dan kegelisahan, yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan, terutama saat mengemudi atau melakukan aktivitas yang memerlukan konsentrasi tinggi.

Demikian penjelasan terkait konsumsi kafein berlebihan yang berbahaya bagi tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×