kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,26   14,91   1.63%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

7 Manfaat Kubis untuk Kesehatan yang Menakjubkan


Rabu, 17 April 2024 / 18:45 WIB
7 Manfaat Kubis untuk Kesehatan yang Menakjubkan
ILUSTRASI. Manfaat Kubis untuk Kesehatan

Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Kubis atau yang biasa dikenal dengan kol adalah jenis sayuran yang lazim dikonsumsi di dunia. Nah, ternyata ada banyak manfaat kubis untuk kesehatan.

Kubis adalah sayuran dengan ciri khas berwarna putih, hijau, bahkan ungu. Kubis sendiri masih termasuk dalam keluarga brokoli. 

Kubis menjadi salah satu sayuran yang digemari lantaran harganya yang murah, renyah, dan mudah ditemukan di pasar. Manfaat kubis untuk kesehatan salah satunya dapat menjaga kesehatan jantung. 

Lalu, apa saja manfaat kubis untuk kesehatan? 

Baca Juga: Apa Manfaat Seledri Untuk Kesehatan? Ada 8 Hal Menarik

Manfaat kubis untuk kesehatan 


Manfaat Kubis untuk Kesehatan

Dirangkum dari laman Healthline, berikut adalah manfaat kubis untuk kesehatan: 

1. Memperlancar saluran pencernaan

Manfaat kubis salah satunya dapat memperlancar saluran pencernaan termasuk usus. Sayuran renyah ini penuh dengan serat tidak larut yang ramah terhadap usus. 

Serat tidak larut membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mendorong buang air besar secara teratur.

Terlebih lagi, manfaat kubis terbukti meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus. Ini karena serat adalah sumber bahan bakar utama untuk spesies bakteri baik seperti Bifidobacteria dan Lactobacilli.

Bakteri ini melakukan fungsi penting seperti melindungi sistem kekebalan dan menghasilkan nutrisi penting seperti vitamin K2 dan B12.

Baca Juga: Apa Manfaat Kubis Merah Untuk Kesehatan? Ada 5 Hal Penting

2. Kesehatan jantung

Manfaat kubis ungu untuk kesehatan juga berkaitan dengan kesehatan jantung. Kubis ungu mengandung senyawa kuat yang disebut antosianin. Zat ini yang terkadang menciptakan warna ungu pada kol.

Antosianin adalah pigmen tumbuhan yang termasuk dalam keluarga flavonoid. Meningkatkan asupan antosianin makanan juga telah terbukti mengurangi tekanan darah dan risiko penyakit arteri koroner.

3. Menurunkan tekanan darah

Dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi juga menjadi salah satu manfaat kubis untuk kesehatan. Tekanan darah tinggi menyerang lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia dan merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga: Cara Mengatasi Buang Angin atau Kentut Terus Menerus yang Tidak Nyaman

Kubis terutama manfaat kubis merah untuk kesehatan kaya akan kalium. Kalium adalah mineral dan elektrolit penting yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi dengan baik. 

Salah satu tugas utamanya adalah membantu mengatur tekanan darah dengan menangkal efek natrium dalam tubuh.Kalium membantu mengeluarkan kelebihan natrium melalui urin. 

Kalium juga melemaskan dinding pembuluh darah, yang menurunkan tekanan darah.

4. Menurunkan kolesterol

Orang yang memiliki kolesterol tinggi juga cenderung memiliki peningkatan risiko penyakit jantung, terutama jika mereka memiliki peningkatan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat.

Manfaat kubis mengandung dua zat yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL yang tidak sehat.

Baca Juga: 9 Cara Menurunkan Kolesterol Pascalebaran

5. Baik untuk kesehatan otak dan syaraf 

Manfaat kubis untuk kesehatan juga bisa menjaga kesehatan otak dan sistem syaraf. Kubis kaya akan vitamin B6 dan folat. 

Kedua nutrisi tersebut penting untuk banyak proses penting dalam tubuh, termasuk metabolisme energi dan fungsi normal sistem saraf.

6. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Manfaat kubis juga dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Kubis kaya akan serat dan mengandung antioksidan kuat, termasuk polifenol dan senyawa sulfur. 

Antioksidan melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kubis juga kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan yang kuat. 

Vitamin C berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang telah dikaitkan dengan banyak penyakit kronis, termasuk kanker.

Baca Juga: 7 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Trombosit secara Alami

7. Bagus untuk tulang dan kulit 

Manfaat kubis juga bisa membantu menjaga kesehatan tulang dan kulit. Pasalnya, kubis adalah sayuran dengan kandungan vitamin C atau asam askorbat yang sangat tinggi. 

Vitamin C diperlukan untuk membuat kolagen, protein paling melimpah di tubuh. 

Kolagen memberi struktur dan fleksibilitas pada kulit dan sangat penting untuk berfungsinya tulang, otot dan pembuluh darah. Selain itu, vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi.

Itulah beberapa manfaat kubis untuk kesehatan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×