kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

7 Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Secara Klinis


Selasa, 21 November 2023 / 13:17 WIB
7 Manfaat Jus Tomat Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Secara Klinis
ILUSTRASI. Manfaat jus tomat untuk kesehatan.

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Jus Tomat - Manfaat jus tomat untuk kesehatan tubuh tidak perlu diragukan lagi karena telah teruji khasiatnya. Tidak hanya itu, cara mengkonsumsi dan takaran jus tomat juga perlu diperhatikan untuk bisa memaksimalkan manfaat jus tomat tersebut.

Tomat (Solanum lycopersicum) tidak hanya menjadi bahan dasar dalam banyak hidangan, tetapi juga dapat diolah menjadi jus yang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Jus tomat mengandung berbagai nutrisi penting yang dapat memberikan kontribusi positif bagi kesehatan secara keseluruhan. 

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia U-17 2023 Babak 16 Besar, Daftar Squad Jerman vs Amerika Serikat

Merangkum dari PharmEasy, berikut beberapa manfaat jus tomat untuk kesehatan:

1. Kaya akan Antioksidan

Jus tomat mengandung antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan vitamin A. Likopen adalah pigmen merah alami yang memberikan warna pada tomat dan memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Manggis Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Kandungan likopen dan potassium dalam jus tomat dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Potassium membantu mengontrol tekanan darah dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, sementara likopen dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A yang terdapat dalam jus tomat sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A berperan dalam menjaga kesehatan retina dan mencegah masalah mata seperti degenerasi makula dan katarak.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan yang Tersembunyi, Apa Saja?

4. Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin C dalam jus tomat membantu dalam produksi kolagen, yang esensial untuk kesehatan kulit. Kolagen membantu menjaga elastisitas kulit, mengurangi tanda penuaan, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

5. Mendukung Fungsi Otak

Komponen nutrisi seperti vitamin B6, folat, dan antioksidan dalam jus tomat dapat mendukung fungsi otak. Vitamin B6, misalnya, diperlukan untuk sintesis neurotransmitter yang penting untuk kesehatan mental.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Selada Air Untuk Kesehatan, Banyak Khasiatnya Loh!

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jus tomat rendah kalori dan tinggi serat, sehingga dapat menjadi pilihan minuman sehat bagi mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Serat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan untuk ngemil, dan mendukung pencernaan yang sehat.

Baca Juga: 7 Manfaat Kacang Polong untuk Kesehatan yang Teruji Khasiatnya, Simak Ini!

7. Menyediakan Hidrasi dan Nutrisi

Tomat mengandung sekitar 95% air, menjadikan jus tomat sebagai minuman yang menyegarkan dan membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, jus tomat mengandung sejumlah nutrisi esensial seperti vitamin C, potassium, dan likopen yang diperlukan oleh tubuh.

Meskipun jus tomat memiliki banyak manfaat, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak. Jus tomat komersial seringkali mengandung tambahan gula, sehingga sebaiknya memilih jus tomat yang alami dan tanpa tambahan gula. Selain itu, mengonsumsi tomat secara keseluruhan sebagai bagian dari pola makan seimbang juga penting untuk mendapatkan manfaat nutrisi secara maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×