kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Apa Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan? Catat 7 Hal Ini


Senin, 18 Maret 2024 / 14:01 WIB
Apa Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan? Catat 7 Hal Ini
ILUSTRASI. Cuka apel

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Cuka Apel - Manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh bisa didapatkan jika dikonsumsi dengan rutin dan benar. Selain itu, manfaat cuka apel juga tidak perlu diragukan lagi khasiatnya.

Cuka apel, atau apple cider vinegar, telah digunakan sebagai bahan alami untuk kesehatan selama berabad-abad. 

Cuka apel terbuat dari fermentasi jus apel segar, dan dalam proses ini, menghasilkan sejumlah senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Obat Asam Lambung, Catat 6 Bahan Alami yang Ampuh Ini

Melansir dari Healthline, penelitian menunjukkan bahwa cuka apel memiliki khasiat kesehatan yang bermanfaat, termasuk efek antimikroba dan antioksidan.

Selain itu, berikut beberapa manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh:

Meningkatkan Pencernaan

Cuka apel mengandung asam asetat, yang dapat membantu meningkatkan pencernaan dengan merangsang produksi asam lambung. Ini bisa bermanfaat bagi mereka yang menderita gangguan pencernaan seperti asam lambung rendah. Konsumsi cuka apel sebelum makan dapat membantu meringankan gejala seperti perut kembung, rasa penuh, dan mulas.

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan, Cocok Dikonsumsi Saat Buka Puasa

Menurunkan Gula Darah

Penelitian menunjukkan bahwa cuka apel dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Asam asetat dalam cuka apel dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, yang berguna bagi penderita diabetes tipe 2. Namun, konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan cuka apel sebagai pengobatan diabetes.

Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa cuka apel dapat membantu menurunkan berat badan. Ini dapat terjadi melalui peningkatan rasa kenyang, pengurangan asupan makanan, dan peningkatan pembakaran lemak. Namun, cuka apel tidak boleh diandalkan sebagai solusi tunggal untuk penurunan berat badan, dan harus disertai dengan pola makan seimbang dan olahraga.

Baca Juga: Manfaat Leci Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal yang Menarik

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Cuka apel dapat membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular dengan menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Ini berkat kemampuannya untuk mengurangi peradangan dalam tubuh. Namun, ini bukan gantinya untuk perawatan medis dan pola hidup sehat.

Antibakteri dan Antivirus Alami

Cuka apel memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang dapat membantu melawan infeksi. Beberapa orang menggunakannya untuk mengobati kondisi seperti tenggorokan sakit dan pilek. Namun, penggunaan ini harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak menggantikan perawatan medis yang dianjurkan.

Meningkatkan Kualitas Kulit

Cuka apel dapat membantu meningkatkan kualitas kulit dengan mengurangi jerawat, peradangan, dan infeksi kulit. Anda dapat mencampurkan cuka apel dengan air untuk digunakan sebagai toner wajah alami. Namun, pastikan untuk mengencerkannya dengan benar, karena penggunaan cuka apel yang terlalu pekat dapat mengiritasi kulit.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Maag Saat Puasa yang Patut Dicoba, Ampuh!

Mengurangi Risiko Kanker

Meskipun penelitian masih dalam tahap awal, beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa cuka apel dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker. Ini disebabkan oleh senyawa seperti asam asetat dan polifenol dalam cuka apel.

Meskipun cuka apel memiliki banyak manfaat, perlu diingat bahwa penggunaan yang berlebihan atau tidak sesuai dapat memiliki efek samping, seperti merusak enamel gigi atau merusak lambung. Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum memulai pengobatan atau mengonsumsi cuka apel dalam jumlah besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×