kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Tidak Hanya Sunnah, Ini Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi


Kamis, 14 Maret 2024 / 12:05 WIB
Tidak Hanya Sunnah, Ini Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi
ILUSTRASI. Kurma

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Kurma adalah salah satu jenis buah yang menyimpan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Manfaat kurma untuk kesehatan juga terbukti khasiatnya oleh berbagai uji klinis. 

Selain itu, mengkonsumsi kurma juga sunah nabi dan baik dikonsumsi saat buka puasa selama bulan Ramadan seperti sekarang.

Kurma juga merupakan buah yang berasal dari pohon kurma (Phoenix dactylifera) yang tumbuh di berbagai daerah dengan iklim hangat, terutama di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Baca Juga: Menyegarkan Saat Buka Puasa, Ini 9 Manfaat Jus Alpukat Untuk Kesehatan

Buah ini dikenal dengan rasanya yang manis dan kenyal, serta sering digunakan sebagai camilan atau tambahan dalam hidangan. Selain menjadi makanan yang lezat, kurma juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Melansir dari Healthline, buah kurma kaya akan serat dan antioksidan yang dapat mendukung kesehatan otak serta mencegah berbagai penyakit.

Selain itu, berikut beberapa manfaat kurma untuk kesehatan tubuh:

Sumber Nutrisi yang Kaya

Kurma adalah sumber nutrisi yang kaya. Mereka mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting seperti vitamin B6, folat, potasium, magnesium, dan zat besi. Kurma juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan, serta berbagai jenis antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Baca Juga: Enak untuk Buka Puasa, Ini 7 Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

Energi Cepat

Kurma adalah sumber energi yang cepat dan alami. Kandungan gula alami dalam kurma, terutama glukosa, fruktosa, dan sukrosa, memberikan dorongan energi instan. Oleh karena itu, kurma sering dikonsumsi oleh atlet dan mereka yang membutuhkan energi tambahan.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kurma mengandung kalium, mineral yang membantu mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Konsumsi rutin kurma dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan hipertensi.

Mencegah Anemia

Kurma adalah sumber zat besi yang baik. Ini membantu dalam pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia. Jadi, jika Anda memiliki masalah dengan kadar zat besi dalam tubuh, kurma bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet Anda.

Baca Juga: Cara Mengatasi dan Obat Darah Tinggi yang Ampuh, Coba 5 Bahan Alami Ini

Meningkatkan Sistem Pencernaan

Kurma mengandung serat larut dan tidak larut yang baik untuk sistem pencernaan. Serat membantu dalam pemrosesan makanan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus. Ini juga bisa membantu mengurangi risiko kanker usus.

Mendukung Kesehatan Tulang

Kurma mengandung mineral seperti kalsium, fosfor, dan magnesium, yang penting untuk kesehatan tulang. Konsumsi rutin kurma dapat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga tulang kuat.

Meningkatkan Fungsi Otak

Kurma mengandung vitamin B6, yang diperlukan untuk fungsi otak yang sehat. Vitamin ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

Baca Juga: Apa Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan? Catat 10 Hal Ini

Membantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun kurma mengandung gula alami, mereka juga mengandung serat yang membuat perasaan kenyang lebih lama. Ini bisa membantu dalam mengendalikan nafsu makan, yang pada gilirannya dapat membantu dalam program penurunan berat badan.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Kurma mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi ini dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan radikal bebas.

Baca Juga: Manfaat Buah Pala Untuk Kesehatan, Ada 7 Hal Menarik

Menyokong Kesehatan Kulit

Kurma mengandung vitamin C dan vitamin K, yang baik untuk kesehatan kulit. Vitamin C membantu dalam pembentukan kolagen, sedangkan vitamin K dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit.

Meskipun kurma memiliki banyak manfaat kesehatan, sebaiknya dikonsumsi dengan bijak karena tingginya kandungan gula alami. Sebagai camilan atau tambahan dalam makanan seimbang, kurma dapat menjadi bagian dari pola makan sehat yang mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×