kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Cara Mengatasi Kutu Air, Coba 5 Obat Kutu Air Alami Ini


Selasa, 05 Maret 2024 / 14:47 WIB
Cara Mengatasi Kutu Air, Coba 5 Obat Kutu Air Alami Ini
ILUSTRASI. Cuka apel adalah salah satu obat kutu air.

Penulis: Ryan Suherlan

Cara Mengatasi Kutu Air - Banyak cara alternatif mengatasi kutu air salah satunya dengan mengkonsumsi obat kutu air alami. Ada banyak pilihan obat kutu air alami yang relatif ampuh dan patut dicoba.

Sebelum itu, kutu air, atau yang dikenal juga sebagai kutu bulu, adalah masalah umum yang dapat mengganggu kesehatan dan kenyamanan kulit. 

Kutu air adalah parasit yang hidup di dalam folikel rambut manusia, seringkali menyebabkan gatal dan ketidaknyamanan. Beberapa orang mungkin mencari solusi alami untuk mengatasi masalah ini. 

Baca Juga: 9 Cara Mengatasi Kulit Kering, Efektif dan Mudah Dilakukan

Melansir dari WebMD, sebagian besar kasus kutu air dapat disembuhkan dengan produk antijamur yang dijual bebas dan kebersihan dasar yang baik. Penyakit kutu air disebabkan oleh infeksi jamur, jadi cara menghilangkannya adalah dengan menghentikan pertumbuhan jamur.

Berikut apa yang dimaksud kutu air dan obat kutu air alami:

Apa itu Kutu Air?

Kutu air adalah serangga yang kecil, berukuran sekitar 1-2 milimeter, dan biasanya berwarna hitam atau abu-abu. Mereka seringkali hidup di dalam folikel rambut dan dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit. Kutu air dapat menular melalui kontak langsung dengan seseorang yang terinfeksi atau dengan menggunakan barang-barang pribadi yang terkontaminasi.

Baca Juga: Kulit Jeruk Punya Manfaat Bagi Kesehatan? Ada 8 Hal yang Tidak Terduga

Obat Kutu Air Alami:

Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu mengatasi infeksi kutu air. Oleskan minyak kelapa extra virgin ke daerah yang terinfeksi dan biarkan meresap selama beberapa jam sebelum dibilas. Lakukan ini beberapa kali seminggu untuk hasil yang lebih baik.

Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh memiliki sifat antiseptik yang kuat. Anda dapat mencampurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan minyak kelapa atau minyak zaitun dan mengoleskannya ke kulit yang terinfeksi. Hindari penggunaan minyak pohon teh secara langsung pada kulit karena dapat menyebabkan iritasi.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan, Banyak Khasiatnya!

Daun Sirih

Daun sirih memiliki sifat antijamur dan antiseptik alami. Rebus daun sirih dalam air dan gunakan airnya sebagai obat cuci untuk daerah yang terinfeksi. Anda juga dapat menghancurkan daun sirih segar dan mengoleskannya secara langsung ke kulit.

Cuka Apel

Cuka apel adalah bahan alami yang dapat membantu menghilangkan kutu air. Campurkan cuka apel dengan air dalam perbandingan 1:1 dan gunakan campuran ini sebagai obat cuci untuk kulit yang terinfeksi.

Daun Kemuning

Daun kemuning adalah tanaman herbal yang memiliki sifat antijamur dan antiseptik. Anda dapat menghancurkan daun kemuning segar dan mengoleskannya ke kulit yang terinfeksi.

Baca Juga: Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan, Ada 8 Hal yang Penting Diketahui

Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung asam sitrat, yang dapat membantu membersihkan kulit dan mengatasi kutu air. Oleskan jus jeruk nipis segar ke daerah yang terinfeksi dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×