kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
AKTUAL /

Cek 10 Manfaat Jus Semangka Untuk Kesehatan yang Teruji Secara Klinis


Sabtu, 25 November 2023 / 06:50 WIB
Cek 10 Manfaat Jus Semangka Untuk Kesehatan yang Teruji Secara Klinis
ILUSTRASI. Jus semangka

Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Jus Semangka  - Manfaat jus semangka untuk kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang menarik dan penting diketahui. Tidak hanya itu, manfaat jus semangka juga telah teruji secara klinis.

Semangka (Citrullus lanatus) bukan hanya buah yang menyegarkan di musim panas, tetapi juga menyimpan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Salah satu cara terbaik untuk menikmati manfaat tersebut adalah dengan mengonsumsi jus semangka secara teratur.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2023-2024 Pekan 20, Simak Prediksi Dewa United vs Persib Bandung

Merangkum dari Healthline, berikut beberapa manfaat jus semangka untuk kesehatan:

1. Menjaga Hidrasi Tubuh

Semangka terdiri sebagian besar dari air, membuatnya menjadi sumber hidrasi yang sangat baik. Jus semangka membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, yang sangat penting untuk fungsi organ yang optimal, termasuk fungsi jantung dan ginjal.

Baca Juga: 8 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan yang Bisa Didapatkan, Apa Saja?

2. Kaya akan Antioksidan

Semangka mengandung antioksidan, seperti likopen dan vitamin C, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif dan berkontribusi pada perkembangan penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

3. Menyehatkan Jantung

Kandungan likopen dalam semangka dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Likopen bekerja sebagai antiinflamasi dan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Cek 8 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan Tubuh, Banyak Khasiatnya!

4. Menyokong Fungsi Otak

Jus semangka mengandung vitamin B6 yang berperan dalam produksi neurotransmitter, seperti serotonin dan dopamin, yang mendukung kesehatan otak. Kandungan vitamin C juga dapat membantu melawan stres oksidatif yang dapat memengaruhi kognisi.

5. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang terkandung dalam semangka berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi cukup vitamin C dapat membantu melawan infeksi dan penyakit.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

6. Mengurangi Risiko Kanker

Likopen, pigmen alami yang memberikan warna merah pada semangka, telah terkait dengan pengurangan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker prostat, paru-paru, dan lambung.

7. Membantu Pemulihan Setelah Olahraga

Kandungan air dan elektrolit dalam jus semangka membuatnya menjadi minuman pemulihan yang baik setelah berolahraga. Ini membantu menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang selama aktivitas fisik.

Baca Juga: Daftar 8 Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan yang Tidak Terduga

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin A dan C dalam semangka mendukung kesehatan kulit dengan merangsang produksi kolagen, membantu mengurangi kerusakan akibat paparan sinar matahari, dan menjaga elastisitas kulit.

9. Mengurangi Rasa Sakit pada Otot

Senyawa citrulline dalam semangka dapat membantu mengurangi rasa sakit otot setelah latihan intens. Citrulline juga dapat meningkatkan daya tahan dan kinerja olahraga.

Baca Juga: Prediksi Brasil vs Argentina, Simak Jadwal Piala Dunia U-17 2023 Babak 8 Besar

10. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jus semangka rendah kalori dan lemak, namun tinggi serat, membuatnya menjadi minuman yang baik untuk mendukung program penurunan berat badan.

Meskipun jus semangka memiliki banyak manfaat kesehatan, disarankan untuk mengonsumsinya dengan bijak dan sebaiknya tanpa tambahan gula agar manfaatnya optimal. Selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan Anda.

Selanjutnya: Beri Kupon Menarik, Permintaan ST011 Diyakini Bakal Lewati Target

Menarik Dibaca: Tips Hilangkan Jerawat di Dada dan Punggung Akibat Hormon Stres Berlebihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×